AJI Siantar Gelar Diskusi Publik Dorong Keterbukaan Informasi Pemberitaan Covid-19

Oleh : Radar Medan | 10 Apr 2021, 20:52:08 WIB | 👁 1146 Lihat
Umum
AJI Siantar Gelar Diskusi Publik Dorong Keterbukaan Informasi Pemberitaan Covid-19

RADARMEDAN.COM, Pematangsiantar - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pematangsiantar adakan Kegiatan Diskusi Publik dengan tajuk keterbukaan informasi dalam pemberitaan Covid-19 di  Anytime Cafe Jalan Nusa Indah Kota Pematangsiantar pada hari Sabtu, (10/04/2021).

Tertutupnya sistem infomasi publik serta masifnya arus informasi dan pemberitaan yang tak terkendali justru menjadi masalah dalam pencegahan virus corona ditengah masyarakat. 

Dalam pemaparannya, M. Syahyan menyampaikan,  pemerintah sendiri  telah banyak menerapkan aturan-aturan untuk melakukan pencegahan penyebaran virus corona, namun informasi tersebut sering kali tidak sampai kepada masyarakat dan menjadikan masalah dalam penanganan covid-19. 

Oleh karena itu kolaborasi terkait penyebaran informasi yang termaktub pada sistem keterbukaan publik harus dapat berjalan sehingga masyarakat turut serta melakukan langkah langkah mitigasi pencegahan virus corona sesuai arahan pemerintah.

 “Indonesia menjadi salah satu negara open goverment yang mengedepankan sistem keterbukaan termasuk informasi publik, dimana hal itu dikuatkan kembali dengan sistem demokrasi yang dianut oleh Indonesia," ujarnya. 

KIP telah mengeluarkan surat edaran terkait palayanan informasi publik dimasa darurat pandemi Covid-19 bahwa informasi publik adalah sebagai hak masyarakat.

"KIP meminta agar informasi publik dapat dilakukan dengan cara yang baik dan muda diakses  masyarakat,” ujar Syahyan.

Ramainya pemberitaan yang terlalu fulgar terkait pasien atau kasus Covid-19 justru menimbulkan kekhawatiran masyarakat dan menghambar penanganan.

 Karena itu ujar Syahyan, KIP mendorong pemerintah agar turut memberikan perlindungan identitas pribadi pasien covid-19.

“Seperti nama, alamat rumah kecuali sebagai upaya mitigasi atau mendapat persetujuan dari orang yang bersangkutan. Sering kali informasi yang tak terkendali justru menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat terkait ramainya pemberitaan soal pasien pengidap virus corona dan berimbas terhadap pecegahan virus corona. Infomasi ini bisa diakses oleh pemerintah secara terbatas yang penggunaaanya harus diukur sesuai dengan kebutuhan,” paparnya.

Pemerintah sendiri berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan mitigasi penyebaran virus asal negara tirai bambu tersebut. 

Tim gugus tugas kata Daniel Siregar  telah melakukan serangkian cara untuk memberi informasi berbasi teknology. 

“ Meski belum maksimal namun sejauh ini kami telah melakukan berbagai cara untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Namun hal paling utama untuk memutus mata rantai penyebaran adalah dengan kesadaran masyarakat agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan. Kesadaran masyarakat menjadi hal penting dalam penanganan pandemi virus corona,” terang Daniel.

Derasnya arus informasi soal pandemi di Pematangsiantar yang tak terkendali telah mendulang sejumlah persoalan. 

Imran Nasution menjelaskan masyarakat semakin pesimis kepada pemerintah soal penanganan pandemi beberapa waktu lalu,  Seperti persoalan identitas korban yang disebarkan hingga menimbulkan stigma kepada pasien.

Selain itu bantuan-bantuan serta kebijakan yang diambil oleh pemerintah banyak tidak menyetuh masyarakat karena minimnya informasi oleh pemerintah. 

Persoalan seperti tukang pecal, pemandian jenazah hingga bantuan sosial banyak menjadi pertayaan di masyarakat. Hal ini karena terbatasnya informasi publik sehingga menimbulkan persoalan baru tentang penanganan corona di Pematangsiantar dan di berbagai daerah lainnya. 

"Oleh karena itu informasi harus dibuka seluas luasnya kepada masyarakat agar tidak menimbulkan pertanyaan publik yang berdampak pada kepecayaan masyarakat kepada pemerintah," urai Imran.

Pemerintah pun diminta untuk tetap reaktif dalam menyalurkan informasi kepada masyarakat. 

Astronout Nainggolan berharap pemerintah dan masyarakat mampu bekerjasama sehingga dapat segera keluar dari massa sulit pandemi covid-19.

Anggota komisi III DPRD Siantar itu mengajak peran serta  media sebagai salah satu corong informasi publik agar tetap kritis dalam menggali dan mencari informasi yang berguna kepada masyarakat.

 “Dari berbagai persoalan kedepannya penanganan covid-19 dapat berjalan lebih baik lagi tentu dengan keterbukaan arus informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dan saya berharap kita tetap menjadi pelopor menjalankan protokoler Kesehatan," tutupnya.

Usai menggelar diskusi AJI perwakilan Medan juga mengadakan rekrutmen kepada para jurnalis yang ingin bergabung dalam organisasi profesi tersebut. Sejumlah wartawan dari berbagai perusahaan media terlihat atusias mengikuti  test wawacara yang berlangsung sejak pagi hingga siang hari tersebut.

Hadir dalam kegiatan tersebut Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) M. Syahyan, Anggota DPRD kota Pematangsiantar Astronout Nainggolan, tim gugus tugas Daniel Siregar serta perwakilan AJI Medan Imran Nasution.(Jait)/PE


TAG : siantar--simalungun


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo