Bupati Simalungun Resmikan Monumen KM Sinar Bangun di Tigaras

Oleh : Admin Radar Medan | 03 Mei 2019, 10:24:07 WIB | 👁 1136 Lihat
Daerah
Bupati Simalungun Resmikan Monumen KM Sinar Bangun di Tigaras

Keterangan Gambar : Bupati Simalungun gunting pita bertanda peresmian monumen KM Sinar Bangun


RADARMEDAN.COM, Simalungun - Bupati Simalungun Dr JR Saragih bersama dengan anak- anak korban kapal tenggelam KM Sinar Bangun meresmikan Monumen KM Sinar Bangun yang ditandai dengan pengguntingan pita di Nagori Tigaras Pelabuhan, Kecamatan Dolok Pardamean, Simalungun, Kamis (02/05).

Kapal KM Sinar Bangun tenggelam pada (18/06/2018) yang lalu akibat cuaca buruk saat akan menyebrang dari Pelabuhan Simanindo menuju Pelabuhan Tigaras. Pada kejadian ini sebanyak 164 orang menjadi korban hilang, 3 korban meninggal ditemukan dan 21 korban selamat.

Kepala BPBD Kabupaten Simalungun Drs Mudahalam Purba menyampaikan bahwa pembangunan monumen ini menelan biaya sebesar 4 milyar, yang didapat dari dana CSR serta sumbangan dari para donatur.
"Tujuan dari pembangunan monumen ini sebagai tugu peringatan bagi korban KM Sinar Bangun agar dapat mengenang anggota keluarganya yang menjadi korban sekaligus juga sebagai pengingat agar kejadian serupa tak terulang kembali," ujarnya.

Mewakili keluarga korban, Osde Simarmata menyampaikan apresiasinya kepada Bupati Simalungun yang telah merealisasikan pembangunan monumen KM Sinar Bangun ini. Dirinya juga meminta kepada Pemerintah agar memperhatikan nasib dari anak- anak korban.
"Selama ini bapak Bupati telah banyak membantu kami, kedepannya kami tetap berharap bapak memperhatikan nasib anak- anak kami untuk masa depannya," ujarnya.

Kristian Nadeak selaku tokoh masyarakat mengatakan bahwa masyarakat Tigaras sangat mengapresiasi pembangunan monumen KM Sinar Bangun. Menurutnya semenjak pembangunan monumen ini, banyak masyarakat yang berkunjung melihat monumen tersebut.
"Sekarang ini banyak kendaraan pariwisata yang datang ke Tigaras untuk melihat Monumen ini, hal ini tentu berdampak pada perekonomian masyarakat disini" ujar Kristian.

Bupati Simalungun dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemkab Simalungun bersama Pemerintah Pusat tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi keluarga korban. Menurut Bupati, kesedihan keluarga korban menjadi motivasi untuk memberikan yang terbaik kepada keluarga korban, mulai dari pembangunan monumen hingga membantu keluarga korban.
"Kami merasakan kesedihan keluarga korban, untuk itu kami tetap berupaya memberikan yang terbaik bagi keluarga dan anak anak korban, agar dimasa depan mereka tetap dapat mengingat orangtuanya dengan berjiarah di tempat ini. Selama saya menjabat sebagai Bupati saya akan berjuang untuk terus membantu anak- anak korban," ujar Bupati.

Bupati juga berharap kepada masyarakat agar bersama- sama menjaga dan merawat monumen tersebut.
"Monumen ini terbuka untuk umum dan gratis, Pemkab Simalungun juga akan menampung biaya perawatan monumen ini. Dengan adanya monumen ini saya berharap tidak ada lagi keluarga korban yang berjiarah ke Danau karena rawan akan keselamatan," tambah Bupati.

Iyan, salah satu dari Orangtua korban warga sait buttu, Kecamatan Pamatang Sidamanik mengatakan bahwa Bupati Simalungun hingga hari ini tetap memenuhi janjinya dengan memberikan bantuan kepada cucunya, Alif (1,5 thn). Pada tragedi KM Sinar Bangun, dirinya kehilangan 5 anggota keluarganya yakni 2 orang anak, 2 menantu dan 1 cucunya.
"Sekarang hanya Alif yang tersisa dari anggota keluarga saya, dan saya ucapkan terimakasih kepada Bupati yang tetap memberikan bantuan pada Alif, sampai saat ini masih kita terima yakni sebesar 1 juta setiap bulannya," ujar Iyan.

Dirinya juga mengapresiasi Bupati Simalungun yang memberikan sumbangan pribadi untuk pembangunan Balai Pertemuan di Desanya dan menamai Balai Desa tersebut dengan nama cucunya.
"Bupati juga memberikan bantuan sebesar 50 juta saat berkunjung ke rumah kami untuk mendirikan balai desa yang dinamai dengan nama cucu saya, sehingga namanya Balai Desa Alif," tambahnya.

Pada acara tabur bunga, keluarga korban tampak larut dalam kesedihan. Beberapa diantaranya terpaksa diangkat dari lokasi tabur bunga karena tak sadarkan diri.

Turut hadir pada peresmian ini Wakil Bupati Simalungun Ir Amran Sinaga, Ketua DPRD Simalungun Drs Johalim Purba, Kapolres Simalungun AKBP M Liberti Panjaitan, Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Frans Kishin Panjaitan, Sekdakab Simalungun Drs Gidion Purba, Tuan Guru Syekh Ahmad Sabban Rajagukguk, Ephorus GKPS Pdt. M Rumanja Purba, mewakili berbagai denominasi gereja, perwakilan PTPN III dan IV, mewakili Bank Sumut, BNI, Mandiri dan BRI, Basarnas, Jasa Raharja, KNKT, Partuha Maujana Simalungun, serta keluarga korban.(humas/red)


TAG : parawisata,simalungun


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo