Dubes RI Bersama Delegasi Bosnia Kunjungi Sumut
Buka Kerja Sama Ekspor CPO

Oleh : Admin Radar Medan | 19 Jul 2019, 07:51:21 WIB | 👁 741 Lihat
Ekonomi
Dubes RI Bersama Delegasi Bosnia Kunjungi Sumut

Keterangan Gambar : Dubes RI untuk Bosnia Herzegovina Amelia Achmad Yani menyampaikan, sejumlah pengusaha dari negara pecahan Yugoslavia itu memiliki ketertarikan terhadap Indonesia, khususnya Sumut


RADARMEDAN.COM – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dikunjungi Duta Besar (Dubes) RI untuk Bosnia Herzegovina Amelia Achmad Yani. Kedatangan Dubes bersama sejumlah pengusaha Bosnia Herzegovina disambut Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman 41 Medan, Kamis (18/7).

Hadir diantaranya Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic, Pemilik Perusahaan Papilon Halid Salihovic, Manajer V Group Palis Brcko Dorde Markovic, Konselor Ekonomi KBRI Bosnia Herzegovina Mahendra, wartawan Furaj.ba Emira Azganovic, Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara dan Konsul Kehormatan Rusia Fauzi Nasution. Sedangkan Gubernur didampingi Staf Ahli Ekbang Agus Tripriono, Kadis PM-PPTSP Arief Trinugroho, Kabiro Otda dan Kerja Sama Basarin Tanjung, serta sejumlah pejabat.

Gubernur menilai sosok Dubes RI Amelia adalah sosok perempuan kuat. Karena tokoh ini tidak lain adalah anak dari Pahlawan Revolusi Indonesia, Jenderal Ahmad Yani. Sehingga sebuah kehormatan bisa dikunjungi putri dari tokoh nasional.

“Terima kasih atas kedatangan Ibu Amelia Achmad Yani. Kedatangan Ibu ke sini adalah pintu untuk kita berbuat apa. Bagaimana kita berkomunikasi dengan baik. Kita bisa ‘menjual’ Sumut yang notabene masih ‘perawan’,” ujar Gubernur.

Dalam kunjungannya, Dubes RI untuk Bosnia Herzegovina Amelia Achmad Yani menyampaikan, sejumlah pengusaha dari negara pecahan Yugoslavia itu memiliki ketertarikan terhadap Indonesia, khususnya Sumut. Apalagi disebutkan bahwa kebutuhan bahan baku dari kelapa sawit untuk industri hilir cukup tinggi.

“Di sini hadir beberapa pengusaha dari Bosnia Herzegovina. Mereka mau membeli minyak sawit (CPO). Karena di sana makannya (makanan pokok) roti,” ujar Amelia yang menyebutkan, negara ini pada 1990-an sempat mengalami krisis akibat perang saudara, yang kini sudah jauh lebih baik.

Amelia sendiri mengaku sudah bertugas selama 3,4 tahun sebagai Dubes di sana. Karena itu, dirinya melihat ada peluang kerja sama dengan sejumlah pengusaha yang tertarik dengan produksi CPO. Sebagai negara agraris, Indonesia diketahui memiliki lahan perkebunan cukup luas yang sebagiannya ada di Sumut. Karena itu langkah ini dinilai dapat menambah masukan bagi negara dari ekspor.

Dari kunjungan itu, Head of Delegation from Brcko District Damir Bulcevic menyampaikan apresiasi atas sambutan hangat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada rombongan dari Sarajevo, Ibukota Bosnia Herzegovina. Karena meskipun jarak antara Indonesia dengan negara mereka cukup jauh, namun kerja sama tetap bisa dijalin dengan baik.

Ketua Kadin Sumut Ivan Iskandar Batubara menambahkan, komoditas Kelapa Sawit telah membuat daerah ini menjadi tujuan investasi yang menarik. Namun kekayaan tersebut perlu dikelola dengan optimal agar hasil yang didapatkan lebih besar dari masa lalu.

Sementara itu, Kepala Biro Otonomi Daerah (Kabiro Otda) Pemprov Sumut Basarin Yunus Tanjung menyampaikan, Pemprov Sumut membuka peluang seluas-luasnya untuk bekerja sama dengan semua negara. Kerja sama tersebut diharapkan dapat mendorong percepatan pembangunan di daerah ini. Sehingga Sumut bermartabat dapat segera terwujud.

Sebelumnya rombongan Dubes Amelia Achmad Yani bersama rombongan Negara Bosnia Herzegovina telah dibawa melihat proses produksi minyak kelapa sawit di Pabrik Pengolahan Adolina, Serdang Bedagai. (Humas)/Ronny/PE/red


TAG : sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo