Gubernur Sumut Paparkan Berbagai Upaya Pencegahan Korupsi

Oleh : Radar Medan | 25 Jun 2020, 08:23:25 WIB | 👁 130 Lihat
Ekonomi
Gubernur Sumut Paparkan Berbagai Upaya Pencegahan Korupsi

RADARMEDAN.COM – Pencegahan korupsi menjadi salah satu fokus Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) saat ini. Berbagai upaya pun telah dilakukan, mulai dari penerapan transaksi non tunai, penerapan e-budgeting, e-planning, e-perizinan dan lainnya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat mengikuti rapat koordinasi (Rakor) dan diskusi interaktif Ketua KPK RI Firli Bahuri dengan Gubernur se-Indonesia secara virtual dari Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (24/6).

Pemprov Sumut juga telah melakukan diversifikasi kegiatan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan dengan melakukan probity audit, audit forensik, audit kepatuhan, pembinaan reguler serta pembinaan sepanjang waktu dan berkelanjutan.

“Inilah yang kami lakukan. Ke depan mudah-mudahan korupsi tidak ada lagi di Sumut, kami berupaya untuk itu,” kata Gubernur.

Selain itu, kata Edy Rahmayadi, Pemprov juga terus meningkatkan koordinasi kerja sama, kemitraan dan sinergitas dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) RI dan Aparat Penegak Hukum (APH). Dilakukan juga standarisasi belanja rutin, penajaman fokus program dan kegiatan, optimalisasi PAD, inventarisasi dan pengamanan aset.

Pemberian penghasilan yang memadai pada pegawai, ketegasan dan percepatan pengembalian kerugian daerah serta penjatuhan hukuman disiplin bagi aparatur yang melakukan tindakan koruptif dan percepatan penanganan pengaduan masyarakat. “Saya apresiasi Ketua KPK telah melakukan pencegahan. Tolong kami dibantu pencegahan ini,” ujar Edy Rahmayadi.

Edy juga memaparkan strategi pencegahan dan pemberantasan korupsi di Pemprov Sumut, antara lain dengan penguatan inspektorat sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), meningkatkan capaian indikator pemerintahan yang baik (SAKIP, LKPD, LPPD, Laporan Kinerja, Reformasi birokrasi, dan monitoring centre for prevention).

“Selain itu pembinaan dan peningkatan implementasi SPIP, percepatan dan peningkatan pelayanan pengaduan masyarakat inspektorat, peningkatan kinerja unit pemberantasan pungutan liar dan optimalisasi pendayagunaan teknologi informasi,” paparnya.

Gubernur juga melaporkan bahwa Pemprov telah merefosucing APBD untuk penanganan Covid-19 di Sumut. Dikatakannya, sejak terbentuknya Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, Pemprov telah merencanakan hal tersebut untuk menangani kesehatan, Jaring Pengaman Sosial (JPS) dan stimulus ekonomi.

Sumut telah mengalokasikan dana dari refocusing tersebut sekitar Rp1,5 triliun, dibagi 3 tahap, masing masing tahap kurang lebih Rp500 miliar. Tahap pertama dari Maret hingga Juni, kedua Juli sampai Oktober, ketiga sampai dengan Desember.

KPK Apresiasi Pemprov Sumut

Menanggapi Gubernur, Ketua KPK RI Firli Bahuri mengapresiasi Pemprov Sumut yang telah berupaya melakukan pencegahan. Selanjutnya KPK RI akan terus berkoordinasi dengan Pemprov Sumut dalam hal pencegahan korupsi. “Saya terima kasih, beliau (Gubernur Edy Rahmayadi) melakukan pecagahan supaya tidak terjadi korupsi,” kata Firli.

Filri juga mengingatkan kepada para kepala daerah tentang adanya rambu-rambu yang perlu diperhatikan dalam hal penggunaan anggaran Covid-19. Terutama mengenai pembelanjaan barang dan jasa, pemulihan ekonomi nasional dan bantuan sosial.

Mengenai pengadaan barang dan jasa, KPK mengatakan ada beberapa rambu yang perlu diperhatikan, antara lain tidak melakukan persekongkolan dengan penyedia barang dan jasa, tidak boleh memperoleh timbal balik, tidak mengandung unsur penyuapan, tidak mengandung unsur gratifikasi, tidak mengandung unsur adanya benturan kepentingan, tidak mengandung unsur kecurangan dan atau mal-administrasi, tidak berniat jahat dengan memanfaatkan kondisi darurat dan tidak membiarkan tindak pidana korupsi.

Mengenai pemberian bantuan sosial, KPK menyoroti beberapa hal di antaranya pemerintah harus menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang diperbarui, memastikan DTKS yang tepat sasaran dan keterbukaan akses data. “Serta peningkatan peran masyarakat dalam hal layanan pengaduan,” ujar Firli.

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kementerian Dalam Negeri Tumpak Haposan Simanjuntak mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemerintah pasca refocussing. Di antaranya menetapkan urutan prioritas belanja, mengendalikan secara ketat pengeluaran belanja, menyusun anggaran kas secara cermat dan menerbitkan surat penyediaan dana atas pelaksanaan kegiatan. Menerapkan prinsip money follow program, mempercepat padanan NIK dan DTKS.

“Kami mohon juga agar APIP daerah didorong melakukan pembinaan dan pengawasan mulai dari bagaimana refocusing tidak hanya cepat mengakomodir fokus kegiatan Covid-19, tapi juga kehati-hatian,” ujar Tumpak.

Turut serta berpartisipasi pada kesempatan tersebut Ketua BPKP Muhammad Yusuf Ateh dan Gubernur se-Indonesia serta OPD Pemprov Sumut yang terkait.** (H17)


TAG : virus-corona,sumut,ekonomi


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20200805-WA0017_compress29.jpg

Komisi IV DPRD Medan Telusuri Dugaan Penyimpangan Berdirinya Bangunan di Grand Jati

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔13:27:09, 05 Agu 2020

RADARMEDAN COM - Telah terjadi dugaan penyimpangan pendirian bangunan di Grand Jati Junction Jl Perintis Kemerdekaan Kelurahan Perintis Kec Medan Timur. Sejumlah bangunan ruko dan apertemen dilokasi itu disinyalir melanggar ketentuan Surat Izin Mendirikan Bangunan (SIMB) yang merugikan Pemko Medan. Komisi IV DPRD Medan mendesak Pemko Medan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200804-WA0005_compress7.jpg

Heboh Ditemukan Mayat Mrs X Ditepi Jln Madong Lubis Medan

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔08:47:38, 04 Agu 2020

RADARMEDAN.COM - Pagi ini di tepi jalan Madong Lubis Medan Dihebohkan adanya penemuan seorang mayat Mrs X, Selasa (4/8/2020) sekira pukul 7:30 WIB.  Warga langsung menutup mayat tersebut dengan kain agar tidak terlihat menyeramkan. Pagi ini masyarakat yang melintas tempat berhenti melihat kondisi korban belum diketahui identitasnya . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200803-WA0008_compress10.jpg

Satu orang pasien PDP Kabur dari RSUD Kabanjahe

🔖 KESEHATAN 👤Radar Medan 🕔15:02:29, 03 Agu 2020

RADARMEDAN.COM,KARO -Satu orang pasien Dalam Pengawasan (PDP) melarikan diri dari RSUD Kabanjahe, Kabupaten Karo pada hari Minggu (02/08/2020) pagi hari. Hal ini dibenarkan Dirut RSUD Kabanjahe Dr Arjuna Perangin - angin melalui aplikasi whatsapp kepada wartawan, Senen (3/8) pukul 11.30 WIB, bahwa pasien PDP tersebut masuk ke RSUD Kabanjahe . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200801-WA0028_compress1.jpg

Tiga Pelaku Penganiayaan Dikaraoke Diringkus Polisi, Dua Tidak Ditahan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:41:00, 01 Agu 2020

RADARMEDAN.COM, KARO - Tim Opsnal Satreskrim Polres Tanah Karo berhasil mengamankan 3 (tiga) pelaku penganiayaan di ruang karaoke KTV Family di Komplek Plaza Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Kamis (30/7/2020) sekira pukul 06.00 WIB. Terhadap korban Muh. Saputra (30) beralamat di Tanjung Morawa, Kabupaten Deliserdang dan Wanda Ginting(19) . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200731-WA0011_compress14.jpg

Polrestabes Medan Berhasil Menghentikan TNI Gadungan Saat Menggunakan Atribut Lengkap TNI

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔12:21:17, 01 Agu 2020

RADARMEDAN.COM, BINJAI - Reskrim Polrestabes Medan dan Koramil 05/MB telah menangkap seorang TNI gadungan bernama Muslianto(52) merupakan warga Jalan Pinti Air IV, Medan Johor, yang sedang menggunakan atribut TNI, pada hari Jumat (31/7). Atas informasi salah seorang warga bernama Hotman Purba, Reskrim Polrestabes Medan dan Koramil 05/MB . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20200728_130115_compress61.jpg

Dukun Cabul Beraksi, Gadis Umur 17 Tahun Disetubuhi Ngaku Ada Setan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔13:06:21, 28 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, TAPSEL - Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH memaparkan kasus pencabulan yang dilakukan dukun cabul di Kecamatan Batang Angkola Tapanuli Selatan, dalam press release Senin sore (27/7/2020) di Mapolres Tapanuli Selatan. Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smaradhana Elhaj, SH, SIK, MH menyampaikan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200727-WA0019_compress98.jpg

Ungkap Peredaran Ribuan Butir Psikotropika, Polres Labuhanbatu Amankan Honorer Rumah Sakit

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:42:05, 27 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Jajaran Polres Labuhanbatu dibawah kepemimpinan Kapolres AKBP Agus Darojat melalui Kasat Narkoba AKP Martualesi Sitepu didampingi Kanit Idik I IPDA Sarwedi Manurung menggelar konfrensi pers pengungkapan kasus peredaran psikotropika yang melibatkan 4 orang tersangka, 3 diantaranya pegawai honorer Rumah Sakit Umum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200727-WA0010_compress28.jpg

Dinilai Tidak Transparan, Warga Minta Kades Desa Jandi Meriah Dicopot

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔19:02:37, 27 Jul 2020

RADARMEDAN.COM,KARO -Sekitar ratusan warga Desa Jandimeriah kecamatan Tiga Nderket Kabupaten Karo mendatangi Gedung DPRD Karo jalan Veteran Kabanjahe Kabupaten Karo pada Senin (27/07/ 2020) pukul 11.00 WIB. Kedatangan mereka menyampaikan keluh kesahnya atas ketidakpercayaan lagi terhadap kepala desa Jandimeriah. Salah satu perwakilan warga . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200727-WA0004_compress22.jpg

Terkait Pengutipan Memasuki Objek Wisata Lau Kawar, Dua Kelompok Pemuda Desa Bersebelahan Bentrok

🔖 WISATA 👤Radar Medan 🕔17:36:49, 27 Jul 2020

RADARMEDAN.COM,KARO - Pada hari Minggu tanggal 26 Juli 2020, sekira pukul 13.00 WIB, telah terjadi penganiayaan dengan Senjata tajam(Sajam) terhadap Sandi Surbakti 26 tahun, tani, yang beralamat di Desa Sigarang -Garang kecamatan Naman Teran kabupaten Karo yang diduga dilakukan oleh WS, umur 23 tahun, tani, beralamat di Desa Sukanalu kecamatan . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20200724-WA0023_compress68.jpg

Satreskrim Polres Tanah Karo Kembali Berhasil Tangkap 1 Lagi Pelaku Pembunuhan Mr X

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:26:57, 24 Jul 2020

RADARMEDAN.COM, KARO -Tim Satreskrim Polres Tanah Karo dibawah Komando AKP Sastrawan Tarigan kembali berhasil menciduk 1(satu) lagi pelaku terkait kasus pembunuhan berencana terhadap Rawat Sembiring Meliala(Mr X) yang jasadnya ditemukan tidak bernyawa di aliran Sungai Lau Gerguh Desa Singa Kabupaten Karo pada Senin, (13/7/2020) lalu. Pelaku . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Siapa Calon Wali Kota Medan Pilihan Anda?
  Akhyar Nasution
  Bobby Afif Nasution