Marawa Pro Luncurkan Film Ranah Mahimbau Pulang, Kilas Balik Perantau Minang Saat Mudik Lebaran

Oleh : Radar Medan | 12 Apr 2023, 17:52:22 WIB | 👁 542 Lihat
Hiburan
Marawa Pro Luncurkan Film Ranah Mahimbau Pulang, Kilas Balik Perantau Minang Saat Mudik Lebaran

RADARMEDAN.COM  – Keberadaan rumah film lokal pada suatu daerah di Tanah Air, berpotensi besar untuk mengangkat kearifan lokal setempat secara lebih mendalam. Salah satunya Marawa Pro, komunitas para sineas di Bukittinggi. Mereka akan meluncurkan film terbarunya yang berjudul Ranah Mahimbau Pulang. 

Marawa Pro menayangkan produksi film terbarunya tersebut jelang Idul Fitri 2023. Dirilis sebelum lebaran, karena kisah di film tersebut berkaitan erat dengan pemuda perantau Minang yang hendak mudik.

Marde Putra salah seorang pendiri Marawa Pro saat diwawancarai pada Rabu (12/4/2023) mengatakan, Film Ranah Mahimbau Pulang bercerita tentang pemuda Minang yang sedang dalam perjalanan pulang kampung karena rindu pada ayah ibunya. Ia tak kuasa lagi mendengar gema takbir Idul Fitri di perantauan setelah 10 tahun tidak pulang ke kampung halaman. 

Selama perjalanannya tersebut diwarnai dengan kilas balik masa lalunya yang mengharuskannya untuk meninggalkan kampung halamannya. Pada akhirnya, ia memutuskan untuk pulang kampung pada lebaran kali ini.

“Film Ranah Mahimbau Pulang mengusung pesan moral untuk para pemuda, bahwasanya sebagai anak muda tidak ada kesuksesan yang akan dapat diraih jika hanya berdiam diri di rumah dan tidak melakukan apa-apa,” kata Marde Putra. 

Kisah Film Ranah Mahimbau Pulang sesuai dengan falsafah Minang; “Sayang ka anak balacuik. Sayang ka kampuang batinggaan. Diasak baniah makonyo tumbuh”. Yang maknanya, sayang pada anak, dilecut. Sayang pada kampung, ditinggalkan. Benih dipindah dari semaian makanya bisa tumbuh dan berkembang.

Marawa Pro terbentuk pada tahun 2019 di Bukittinggi. Pusat kegiatannya di Jalan Situpo, Gurun Panjang, Bukittinggi. Nama para pendiri Marawa Pro dan perannya di komunitas tersebut yaitu ; Marde Putra (Penyutradaraan), Ichbal Poetra (Manager Produksi), Rido Ardi (Director Of Photography), Asep Mulyadi (Penulis Naskah dan Editor), Bahrul Oey (Art, Kameramen), Hamzah Fansuri (Talent, Aktor), Panjul Uye (Talent, Vokalis), Ayu Andira (Talent, Vokalis), Gusti Maharani (Talent, Vokalis), Faurellia Fadhilla (Talent Nasional), dan R Doel - ST22 Community (Arranger Music).

Marde Putra juga mengatakan, berdirinya Marawa Pro adalah bentuk dukungan dari teman-temannya semenjak channel pertama Marde Entertainment terkena banned oleh YouTube karena persoalan konten ID / hak cipta. Teman-temannya yang pernah terlibat dalam karya-karya Marde Entertainment tersebut memberikan semangat padanya untuk tetap berkarya dan membentuk brand baru dengan nama Marawa Pro. 

”Bermula dari YouTube Channel Marde Entertainment yang merupakan channel YouTube pertama kami, kena banned karena pelanggaran hak cipta, kemudian dihapus secara sepihak oleh produser kami tanpa ada konfirmasi sebelumnya, sehingga teman-teman yang sering terlibat dalam produksi film lokal menyepakati untuk membuat channel baru dengan nama berbeda dari sebelumnya. Dari beberapa nama yang diusulkan, akhirnya kami putuskan secara bersama-sama untuk menggunakan nama Marawa Pro, sejak 5 Agustus 2019,” kata Marde Putra.

Seperti dijelaskan oleh Marde Putra, visi Marawa Pro adalah untuk ikut memperkenalkan Indonesia khususnya Ranah Minang kepada dunia melalui seni audio visual. Dan misi mereka untuk mendukung program Pemerintah Daerah / Pusat di Negara Kesatuan Republik Indonesia, menyalurkan talenta pemuda-pemudi Minang melalui karya audio visual, memperkenalkan adat dan budaya Ranah Minang melalui karya audio visual, mendukung falsafah Minang tentang Adat Basandi Sara’, Sara’ Basandi Kitabullah, mendukung Pemerintah Daerah maupun Pusat dalam mengeksplor Ranah Minang, dan membantu Pemerintah dalam mengembangkan produksi ekonomi kreatif dalam bidang audio visual maupun konten kreator.

Marawa Pro telah merilis 15 karya film di YouTube Channel Marawa Pro dengan judul sebagaimana berikut ini; Rumah Mertua (2016), Tikam Jajak Pandeka - Habib Series (2016), Tikam Jajak Pandeka - Rahmat Series (2017), Surau Tingga (9 Agustus 2019), Tadabbur Hati (12 Oktober 2019),  Pendidikan Doeloe dan Sekarang (20 September (2019), Kalimah (21 Maret 2020), Minangkabau Undercover - Sarah Series (2019), Minangkabau Undercover - Tatak Series (27 Desember 2019), Ruang Tunggu - Short Movie (15 April 2020), Drama Series - Titik Nadir (22 April 2020), Makaru Wamakarallah (31 Mei 2020), Tikam Jajak Pandeka 1 - 5 “Spesial Series” (serie pertama - 27 Januari 2022), Malam Bagai Jelaga (20 Januari 2023), Elna - Cinta dan Perjuangan (31 Maret 2023).

“Idealisme kami dalam melahirkan karya-karya film adalah selalu memasukkan unsur adat, seni tradisi, dan budaya Minang serta mendukung falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah. Pesatnya perkembangan zaman di era digital saat ini, para generasimuda harus kita bekali dengan pengetahuan tentang adat dan budaya di setiap tontonannya, agar kuatnya pengaruh budaya luar bisa kita antisipasi dengan memberikan pemahaman melalui karya film, musik, dan konten yang bermanfaat” kata Marde Putra.

Lebih lanjut Marde Putra mengatakan, mulai dari awal merintis Marawa Pro sampai saat sekarang, kendala tersulit dalam memproduksi film adalah dalam pembiayaan, karena terbatasnya tenaga marketing yang mereka miliki. Dalam memproduksi film, mereka hanya melakukan pembiayaan secara swadaya, dari uang saku mereka sendiri yang dikumpulkan, belum ada bantuan dari pihak Dinas Pemerintah terkait. Dengan berlandaskan hobi, pembiayaan kerap mudah mereka atasi, meskipun pada beberapa karya terpaksa harus mereka hentikan produksinya. 

“Sepinya sineas lokal Sumatera Barat menurut kami karena lemahnya komunikasi antara Dinas Pemerintah terkait dengan para pelaku seni, terutama sekali dengan para sineas, yang akhirnya mati suri. Kendalanya ada di pembiayaan, dan juga karena kurang adanya sinergi komunitas yang memiliki kaitan erat di bidang perfilman untuk memberi pembekalan serta peningkatan SDM-nya dalam bentuk pelatihan, sehingga banyak di antara sineas Minang malas untuk berkarya karena selalu berbenturan dengan hal-hal tersebut,” kata Marde Putra.

Meskipun sebagai rumah produksi lokal, Marawa Pro selalu berusaha melahirkan karya-karya yang profesional, baik dalam penentuan ide cerita, plot, lokasi pengambilan gambar, kemampuan akting pemeran, penentuan lokasi syuting, ilustrasi musik, audio, dan unsur lainnya. Kualitas film-film yang mereka rilis bisa disejajarkan dengan garapan rumah produksi nasional. Marawa Pro siap untuk berkolaborasi dengan rumah produksi nasional guna mengangkat kearifan lokal Sumatera Barat.

“Dengan adanya pandangan pada garapan kami sudah berkualitas nasional, sangat memberikan kebahagian tersendiri buat Tim Marawa Pro, karena pada dasarnya kami berbuat dengan peralatan yang belum memenuhi kelayakan sinematografi, hanya mengoptimalkan peralatan dan sumber daya yang kami punya saja. Besar harapan kami terhadap Dinas Pemerintah terkait untuk dapat memberi dukungan kepada Marawa Pro dalam upgrade peralatan, sehingga apa yang menjadi visi misi kami dapat terwujudkan dengan maksimal,” kata Marde Putra.

Dalam perjalanannya di dunia sinematografi, beberapa karya film Marawa Pro berhasil mendapatkan penghargaan. Adapun judul film-filmnya yang berhasil meraih penghargaan tersebut, yaitu ; Surau Tingga - Film Terbaik II pada ajang Kompetisi Film Islami se-Sumatera Barat Tahun 2022, Siti Padang - Film Terbaik - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 (diproduksi bersama Santano Art Pro), dan Rumah Mertua - Penyutradaraan Terbaik dan Aktris Terbaik - Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Tahun 2016 (diproduksi bersama Santano Art Pro).

(Dilaporkan oleh Muhammad Fadhli)/PE


TAG : budaya,selebritis,televisi,nasional,hiburan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo