Brigjen Pol. (Purn) Bontor Hutapea : Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Narkoba ?

Oleh : Radar Medan | 22 Feb 2020, 22:32:52 WIB | 👁 5578 Lihat
Opini
Brigjen Pol. (Purn) Bontor Hutapea : Danau Toba Jadi Kawasan Wisata Narkoba ?

RADARMEDAN.COM - Mentor Nasional Batak Muda Dunia Brigjen Pol. (Purn) Bontor Hutapea, yang pernah  menjabat Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Sumatera Selatan menilai sikap tiga kepala desa di Negeri Tambunan, Kabupaten Tobasa, Sumut yang berjanji mendukung pemberantasan Narkoba, hanyalah omong kosong.

"Faktanya, selama ini tidak ada upaya tindakan serius yang berkelanjutan dalam pemberantasan Narkoba di Kabupaten Tobasa dan seluruh Sumut," ujar pensiunan Brigjen polisi yang berpengalaman 15 tahun menangani pemberantasan narkoba, kepada media, Sabtu (22/2/2020) di Jakarta.

Selanjutnya Bontor Hutapea mengatakan bahwa faktanya kini hampir semua komponen tokoh masyarakat, tokoh agama/gereja & aparat keamanan telah apatis, alias kurang peduli. Bahkan aparat keamananpun cenderung melakukan pembiaran. Sebagian dari mereka ini bahkan disinyalir keras malah melakukan ataupun mendukung bisnis haram narkoba ini untuk menjadi penghasilan tambahan yang besar bagi oknum-oknum aparat tertentu. Kondisi ini terjadi hampir merata di seluruh Sumatera Utara, di 33 Kabupaten dan kota serta 6.000-an desa.

Senada dengan Bontor Hutapea, Mentor Nasional dari Gerakan Daulat Desa (GDD) Buntulan Tambunan juga pesimis dengan pernyataan tiga kepala desa Negeri Tambunan di atas.

"Biasanya ini kan seperti yang sudah-sudah, hanyalah omong doang alias omdo. Sengaja hanya untuk bikin berisik dan bising telinga dan mata masyarakat sebentar saja. Memperlakukan masyarakat seperti memberi permen bonbon kepada anak kecil yang sedang cengeng agar cepat tenang. Padahal sesungguhnya hanyalah memberi harapan palsu kepada masyarakat. Karena itu saya dan banyak pihak yakin, bahwa tak akan lama lagi peredaran narkoba ini akan marak merajalela kembali kok.. business as usual again," papar Buntulan Tambunan putra Batak alumni Universitas Keio, Jepang ini.  

Selanjutnya Buntulan Tambunan mengatakan kecuali ada atau terjadi upaya ekstra, misalnya dukungan bukan hanya dari 3 kepala desa saja. Tapi dukungan konkrit dari seluruh kepala desa di Kabupaten Tobasa yang berjumlah 231 Desa dan 13 Kelurahan. Juga harus ditambah lagi dengan dukungan sebanyak- banyaknya dan sebesar-besarnya dari berbagai komponen masyarakat yang ada. Terutama dari para pensiunan Polisi dan TNI. Baik mereka yang tinggal di kampung halaman maupun para perantaunya. 

*Negeri Tambunan Kampung Narkoba*

Sebelumnya, kerap Negeri Tambunan disebut oleh banyak orang dan pihak sebagai kampung narkoba. Tiga Kepala Desa di Negeri Tambunan, Kecamatan Balige, Kab. Tobasa, Sumut merasa gerah dan sepakat untuk memberikan dukungan penuh kepada Polres Tobasa dalam memberantas peredaran narkoba, baik pengedar apalagi bandarnya.

Kesepakatan itu disampaikan langsung oleh tiga Kepala Desa; yakni Kepala Desa Lumban Pea, Torang Tambunan, Kepala Desa Lumban Pea Timur, Faber Tambunan dan Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan langsung kepada Kapolres Tobasa, AKBP Agus Waluyo di ruang kerjanya, Kamis (20/2/2020), pertemuan tersebut digelar secara tertutup.

Tak hanya itu, tiga kepala desa tersebut bersepakat untuk memasang 1.000 spanduk berisi himbauan dan informasi serta edukasi ke masyarakat Tobasa, sebagai salah satu bentuk perlawanan terhadap bandar narkoba dan para pengedarnya di Kabupaten Tobasa.

*DANAU TOBA KAWASAN WISATA NARKOBA?!*

Baik Bontor Hutapea dan Buntulan Tambunan sepakat untuk tidak mempercayai dulu sikap dukungan tiga kepala desa maupun Kapolres Tobasa untuk mau dan mampu, serta sungguh-sungguh berantas bandar dan pengedar Narkoba. Karena itu keduanya akan menunggu dan mencermati serta mengkritisi, apakah peredaran narkoba akan berkurang di Kabupaten Tobasa dalam kurun tiga bulan kedepan? 

Bontor Hutapea dan Buntulan Tambunan juga meminta secara khusus agar para Kepala Daerah Gubernur Sumut, para Bupati dan Walikota di Sumut, Kapolda Sumut dan  Kapolri serta Presiden Jokowi untuk sungguh-sungguh memberantas narkoba di kabupaten Tobasa dan 6 kabupaten lainnya di Kawasan Wisata Danau  Toba.  

"Saat ini Kawasan Wisata Danau Toba telah termasuk salah satu dari 5 program super-prioritas dari Presiden Jokowi di periode kedua ini. Jangan sampai nanti para turis baik lokal maupun asing malah menganggap bahwa Kawasan Wisata Danau Toba, sebagai Wisata Narkoba!," tandas Bontor Hutapea.(Rio-RM)/PE


TAG : opini,tokoh,daerah


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo