Melirik Maruli Siahaan Menuju Medan 1 dari Sukses Membina Keluarga

Oleh : Radar Medan | 20 Feb 2020, 12:13:45 WIB | 👁 7811 Lihat
Tokoh
Melirik Maruli Siahaan Menuju Medan 1 dari Sukses Membina Keluarga

RADARMEDAN.COM - Salahsatu persyaratan yang senantiasa diperhatikan masyarakat dari seorang calon pemimpin (kepala daerah), adalah sukses story dalam membina keluarga dan mendidik anak-anaknya.

Kenapa? Karena keluarga merupakan komunitas terkecil, yang sangat besar pengaruhnya dalam melahirkan calon pemimpin. Apakah itu diperlukan dalam skala besar maupun kecil.

Kombes Pol (Purn) Dr Maruli Siahaan SH, MH, telah memenuhi persyaratan tersebut. Bagaimana tidak. Bersama istrinya, Betty Boru Simanjuntak, dia telah berhasil mengarahkan dan membina keempat putranya untuk tumbuh menjadi perwira TNI AD, TNI AU, TNI AL dan Polri.

Apa yang dicapai Maruli Siahaan melalui keempat putranya itu, bukanlah pekerjaan gampangan. Sungguh sangat luar biasa, Maruli Siahaan di tengah kesibukan sebagi abdi negara, masih diberi talenta oleh Tuhan dalam mengarahkan anak-anaknya untuk menjadi sesuatu yang mencengangkan bagi setiap orangtua.

Boleh dikatakan, Maruli Siahaan adalah satu-satunya sosok polisi, yang mampu mempersiapkan keempat putranya, menjadi perwira di empat angkatan bela negara.

Maruli Siahaan kepada sejumlah wartawan, senantiasa menyampaikan, rahasia dalam membina rumah tangga dan membesarkan keempat anaknya hingga sukses, sangat erat dan pentingnya membangun dan menjaga komunikasi. 

“Saya tidak pernah marah dengan anak-anak saya, saya selalu berkomunikasi dengan mereka. Sejak duduk di tingkat SMP, saya sudah tanya cita-citanya, terus saya berikan pandangan tentang baik buruknya cita-cita yang diambilnya. Dengan cara itulah saya mendidik anak,” kata Maruli Siahaan yang sangat dikenal dengan sebutan Dansui atau Komandan Cantik itu.

Maruli Siahaan, awalnya bercita-cita ingin menjadi prajurit TNI. Namun karena peraturan lulusan STM tidak diterima di TNI, maka Maruli mengurungkan niatnya dan akhirnya mencoba keberuntungan di kepolisian.

"Saya terinspirasi Bapak Uda saya yang menjadi AKABRI yang terlihat gagah mengenakan seragam tersebut, saya bangga melihatnya. Mencoba masuk ke Kepolisian juga serelah gagal beberapa kali, namun saat ada penerimaan Bintara tahun 82 saya mencoba lagi, dan akhirnya saya lulus,” ujarnya.

Dengan berpangkat brigadir, Maruli Siahaan akhirnya ditugaskan di Polsek Medan Baru. 

Di Kantor Polisi inilah, Maruli Siahaan mendapat gelar Dansui yang hingga kini melekat dinamanya. 

“Kata Dansui itu diberikan teman saya Brigadir Sastra Sebayang. Setiap ada warga yang hendak melapor atau menjenguk tahanan selalu saya tanya ke teman saya, bagaimana Sui? Makanya saya diberikan gelar tersebut. Ada rezeki kami bagi bersama-sama,” ujarnya sambil tertawa.

Dalam mengemban tugas, Maruli Siahaan selalu bertugas dengan bersungguh-sungguh dan jarang menolak instruksi atasan. Selain itu hubungan silaturrahmi dengan atasan kerap dijaga hingga banyak atasan yang memuji kinerjanya dan selalu mengandalkannya untuk mengemban tugas-tugas penting. 

“Jika ada tugas yang diprioritaskan saya selalu menyanggupinya secara tuntas dan terus berkoordinasi dengan pimpinan. Setiap pelaksanaan tugas selalu saya sanggupi, dan silaturrahmi tetap saya jaga terhadap pimpinan maupun rekan-rekan yang lainnya,” ujarnya.

KERAP DIASINGKAN

Dalam membina rumah tangga bersama istrinya Betty Boru Simanjuntak, awalnya Maruli Siahaan kerap diasingkan oleh pihak keluarga istri karena dianggap hanya seorang polisi berpangkat bintara. 

Namun Maruli Siahaan tidak merasa sakit hati mendapatkan perlakuan tersebut. Justru hal inilah yang membuatnya semakin semangat untuk membuktikan bahwa dirinya bisa bangkit dan membahagiakan istrinya.

“Dulu saya sering diremehkan pihak keluarga istri, karena cuma Polisi berpangkat bintara, itu semua menjadi motivasi saya untuk membuktikan bahwa saya bisa lebih baik lagi untuk membina rumah tangga,” ujarnya

Dan itu terbukti pada tahun 1991, ketika dirinya mencoba mengikuti sekolah perwira tingkat Secapa di Sukabumi dan akhirnya lulus. 

Ikhlas membantu dan menolong segala lapisan masyarakat sudah menjadi ciri khas pria yang berusia 58 tahun ini. 

Maruli Siahaan, dikenal ramah dan selalu mengumbar senyum serta mengayomi masyarakat ini, karena tekadnya yang bekerja sungguh-sungguh, jujur serta transparan dalam menjalankan tugas membuat dirinya mampu meraih apa yang diinginkannya saat ini.

Itulah Maruli Siahaan yang dibesarkan di keluarga sederhana di Desa Siborong-Borong. Sebagai anak keenam dari sembilan bersaudara, saat menduduki bangku Sekolah Dasar memang pekerja keras. 

Selesai pulang sekolah Maruli Siahaan kerap membantu orang tuanya di sawah bahkan tiap akhir pekan dirinya ikut membawa 9 karung ubi bersama kedua orangtuanya untuk dijual ke pasar.

“Saya salut dengan orang tua saya yang pekerja keras, dari pagi hingga petang berladang di sawah, bahkan kami sering mengendarai sepeda untuk membawa 9 karung ubi untuk dijual di pasar di Desa Sipahutar. Didikan serta semangat orang tua saya itulah yang saya tiru hingga saat ini,” ujarnya.

RESMI MENDAFTAR

Kombes Pol (Purn) Maruli Siahaan resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon atau balon Wali Kota Medan ke Partai Golkar, Jumat (22/11/2019).

Kedatangannya disambut Ketua DPD II Partai Golkar Kota Medan, Syaf Lubis didampingi sekretaris Sunardi Ali dan Harmen Ginting.

Di hadapan seluruh kader partai Golkar yang hadir, mantan Wadirkrimsus Polda Sumut itu mengungkapkan alasannya ingin maju di Pilkada Medan 2020.

"Saya maju karena sudah purna (pensiun). Kondisi Medan saat ini sudah baik, karena diberikan kesehatan dan kesempatan bisa berbakti dan mengabdi kepada masyarakat. Itu tujuan dan maksud saya" ujar Maruli Siahaan.

Sebagai pensiunan polri, ia mengakui masih memiliki sejumlah kelemahan di bidang pemerintahan. Namun, itu tidak membuatnya berkecil hati, dengan keyakinan dan rasa ingin belajar, Maruli Siahaan yakin bisa cepat mengerti.

Maruli Siahaan yakin dengan pengalaman Partai Golkar selama puluhan tahun bisa ikut membimbingnya ke arah yang lebih baik dalam memimpin Kota Medan.

Mari melirik Maruli Siahaan Menuju Medan 1 dari suksesnya membina keluarga dan ketulusan hatinya untuk membangun Kota Medan ke arah yang lebih baik. (Ingot Simangunsong, penulis senior Gerakan Daulat Desa Sumut) (Kiriman Mario Okto Sinaga)/PE


TAG : tokoh


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo