Bupati Simalungun Lantik Pengurus PABPDSI Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027
Bupati Ajak Pangulu dan Maujana Bersinergi Membangun Simalungun

Oleh : Radar Medan | 18 Agu 2021, 20:27:35 WIB | 👁 1186 Lihat
Daerah
Bupati Simalungun Lantik Pengurus PABPDSI Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati Simalungun Pamatang Raya, Sumut, Rabu 18/08/2021.

Dalam sambutannya Bupati Simalungun mengatakan, Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa menyebutkan bahwa pemerintahan desa adalah kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), di Simalungun disebut dengan Maujana Nagori.

"Saya menyambut baik terbentuknya kepengurusan PABPDSI di Simalungun, untuk saya berharap kedepan, sesuai dengan fungsi maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan nagori, kiranya penggunaan dana dinagori, baik alokasi dana desa atau alokasi dana nagori tepat sasaran demi mewujudkan pembangunan nagori yang lebih baik," kata Bupati.

Dikatakan, sebagai lembaga formal, maujana nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabelitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga. Untuk itu di harapakan setiap anggota Maujana nagori dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya.

"Jalinlah komunikasi yang baik dengan pangulu dan perangkat nagori sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di nagori. Keduanya harus sejalan dan bersinergi dalam melaksanakan roda pemerintahan di nagori. Tingkatkan SDM dan inovasi, hindari konflik yang tidak perlu dan berikanlah contoh yang baik buat masyarakat, apalagi situasi Covid saat ini, mari kita terapkan aturan pemerintah dengan melaksankan protokol kesehatan, agar Simalungun kedepan lebih baik lagi," ujar Bupati.

Disamping itu, Bupati juga mengharapkan kepada maujana nagori untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di nagori masing-masing agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah. Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari.

"Selamat kepada pengurus yang dilantik dan selamat bekerja, berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat. Mari sama-sama kita bangun Simalungun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati.

Tampak hadir diacara itu, Ketua DPRD diwakili Jhon Redikalmen Saragih, Dandim 0207/Simalungun diwakili Kasdim Mayor Inf Fransisco Sidauruk, Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Efianto, Ka. BPMPN Sarimuda Purba, Kadis Kominfo Wasin Sinaga, Plt Ka. Badan Kesbangpol Ronald Anderson Silalahi, Ketua Umum PABPDSI Fery Radiansyah ST MM dan undangan terbatas serta menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Umum PABPDSI dalam sambutannya antara lain mengharapkan dengan di lantiknya pengurus PABPDSI Simalungun dapat memberikan peningkatan kesejahteraan maujana di daerah ini. "Mari kita dorong pemerintahan desa untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera," ujarnya.

Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 terdiri dari Ketua Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 wakil ketua, Sekretaris Sahrul Efendi SE dibantu 4 wakil Sekretaris, Bendahara Syahnan Rawi dibantu 2 wakil bendahara. Kepengurusan tersebut dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan, biro tata negara, kelembagaan dan regulasi desa, biro kerjasama lembaga, biro aspirasi rakyat desa dan kearifan lokal, biro inovasi dan desa digital, biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal.

Buyung Irawan Tanjung selaku ketua PABPDSI Simalungun dalam sambutnya mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya pelantikan PABPDSI, sebagai wadah untuk bersatu, berjuang dan bermartabat bagi seluruh anggota Maujana Nagori.

Menurut Buyung, kehadiran PABPDSI di Simalungun berusaha menciptakan kerjasama yang harmonis antara pangulu dan maujana nagori dan mempermudah komunikasi, koordinasi disemua tingkatan.

"Kami siap mendukung program Pemkab Simalungun dalam melaksanakan pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten Simalungun yang lebih sejahteta," tandasnya.

Sebelumnya, dilaksanakan deklarasi pengurus PABPDSI yang dipimpin oleh Buyung Irawan Tanjung. Pelantikan itu ditandai dengan penyerahan pataka kepada ketua PABPDSI oleh Bupati Simalungun, dan diakhiri dengan pemberian piagan penghargaan kepada Bupati Simalungun dan Ketua DPRD sebagai bapak Badan Permusyawaratan Desa Kabupaten Simalungun oleh Ketua Umum PABPDSI dan Ketua PABPDSI Simalungun. (Humas)/PE


TAG : siantar--simalungun


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

21.jpg

Gelar Temu Pers, Kapolres Simalungun Beberkan Tersangka Perusakan dan Penganiayaan di Sihaporas

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔07:10:14, 23 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Polres Simalungun menggelar konferensi pers terkait keberhasilan pengungkapan kasus perusakan yang disertai penganiayaan secara bersama-sama di Sihaporas, Kabupaten Simalungun. Konferensi pers dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Choky Sentosa Meliala, S.I.K., S.H., M.H di Aula Andar Siahaan, Mako Polres Simalungun, Senin, 22 . . .

Berita Selengkapnya
ilustrasi_penculikan.jpg

Dikabarkan Ada Penculikan Warga Sihaporas, TPL Bantah Terlibat

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔07:26:28, 23 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Beredarnya informasi penculikan 6 warga Sihaporas di media sosial, Senin 22/7 mengundang tanda tanya. Dalam poster yang beredar di medsos, dikabarkan Senin, 22 Juli 2024 sekitar pukul 03.00 WIB sebanyak 6 orang masyarakat adat keturunan Ompu Mamontang Laut Ambarita diculik orang yang tidak dikenal dari rumah yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240716-WA0266_crop_71_compress33.jpg

Kecam Dewan Kehormatan, Hendry Ch Bangun Tetap Jabat Ketua PWI Pusat

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔23:00:35, 16 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) mengecam beredarnya surat yang diduga tidak legal. Hal tersebut disampaikan Hendry Ch Bangun sesuai denga. Surat Edaran No : 519/PWI/P-LXXXVIII/2024 yang ditandatangani oleh Ketua Umum PWI Pusat Hendry Ch Bangun dan Sekjen Iqbal Irsyad, Selasa 16 Juli 2024. Ketua . . .

Berita Selengkapnya
forensik.jpg

Dokter Forensik: Sempurna Pasaribu Masih Hidup saat Rumah Dibakar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:35:04, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Teka-teki apakah korban Rico Sempurna Pasaribu beserta istrinya, Efprida Boru Ginting, anaknya SP (13), dan cucu LS (3), dibunuh baru dibakar rumahnya, Kamis dinihari (27/6/2024) di Jalan Nibung Surbakti, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), terungkap.  Dokter Forensik RS Bhayangkara TK II Medan, dr Ismurizal SpF, . . .

Berita Selengkapnya
kkj.jpg

Diduga Pembunuhan Berencana, Keluarga Rico Pasaribu Jurnalis dari Karo Lapor ke Polda Sumut

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:23:44, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) mengecam dugaan aksi pembakaran rumah jurnalis Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2024) lalu. Kebakaran itu menewaskan Rico dan tiga anggota keluarganya. Anak korban yang berinisial EP meyakini, kebakaran itu tidak wajar. EP yang didampingi KKJ . . .

Berita Selengkapnya
sci.jpg

Inilah SCI, Metode Digunakan Polda Sumut Ungkap Tersangka Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:45:53, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Tak butuh lama, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil menangkap tersangka pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu yang terjadi pada Kamis dinihari (27/6/2024), di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo. Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime . . .

Berita Selengkapnya
pembunuhan.jpg

Kematian Wartawan Tibrata di Karo Mengarah ke Pembunuhan, 2 Tersangka Diciduk Bersama Barang Bukti

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:54:26, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Dua tersangka pembunuh wartawan Tribrata TV, dan satu keluarga terjadi pada Kamis (27/6/24) dinihari, berhasil diciduk Polres Tanah Karo. Kapoldasu Komjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, didampingi Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, dalam keterangan konferensi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240707-104933_WhatsApp_compress52.jpg

Ratusan Orang Casis Bintara dan Tamtama Kecewa, Ombudsman Bantah Dilibatkan Pengawas Eksternal

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔10:25:45, 13 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Ratusan calon pelamar atau calon siswa Bintara dan Tamtama Polri 2024 kecewa usai menerima pengumuman seleksi di Gedung Auditorium USU, Sabtu 6/7/2024. Ratusan orang yang sebagian besar dari keluarga calon siswa menyoraki Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat menuju mobilnya di Gedung . . .

Berita Selengkapnya
dprd8.jpg

Hari Pertama Ngantor di Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Kunjungi Kantor DPRD

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔23:20:01, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Hari ini merupakan pertama kalinya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni resmi berkantor di Sumut, dan langsung mengunjungi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Sutarto, guna perkuat sinergitas. Kegiatan ini berlangsung di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240627-WA0188_compress2.jpg

4 Orang Tewas, Polres Tanah Karo Lakukan Penyelidikan Terkait Terbakarnya Rumah Wartawan Online

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:57:15, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM,KARO - Sempurna Pasaribu Wartawan Media Online dan keluarganya tewas terbakar di sebuah kios di Jalan Nabung Surbakti, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Kamis (27/6/2024) dinihari sekira pukul 02.30 WIB. PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, membenarkan terjadinya peristiwa . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo