Ini Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Ruangan Kurang Cahaya

Oleh : Radar Medan | 24 Jan 2021, 08:20:17 WIB | 👁 1522 Lihat
Gaya Hidup
Ini Tanaman Hias yang Cocok di Dalam Ruangan Kurang Cahaya

Keterangan Gambar : Berikut 3 jenis tanaman hias di ruangan gelap yang tetap tumbuh dengan baik walau minim pencahayaan, bahkan kebutuhan air pun tidak terlalu tinggi. (Foto: iStockphoto/Prostock-Studio)


RADARMEDAN.COM - Merawat tanaman supaya subur, biasanya sangat bergantung pada penyiraman, sinar matahari cukup, serta rutin pemberian pupuk.

Namun ternyata ada juga jenis tanaman hias di ruangan gelap atau kurang cahaya yang tetap tumbuh dengan baik walau minim pencahayaan, bahkan kebutuhan air pun tidak terlalu tinggi.

Meskipun varietas tumbuhan indoor beragam, beberapa tanaman hias berikut ini merupakan rekomendasi dari berbagai sumber karena perawatannya sederhana dan mudah didapat.

Tanaman hias di ruangan kurang cahaya berikut cocok diletakkan di kamar tidur maupun kamar mandi agar lebih memberikan kesan cerah dan lebih hidup. 

1. Anggrek Bulan (Moth Orchid)

Jika Anda membutuhkan tanaman hias untuk mengisi sudut ruangan redup supaya lebih berwarna, maka anggrek bulan atau ngengat adalah pilihannya.

Jenis anggrek Phalaenopsis ini merupakan varietas paling populer terutama di Asia Tenggara dan Australia sebagai tanaman rumah.

Dari sekian banyak spesies, anggrek ngengat memiliki bentuk mirip serangga penyerbuk. Fisiknya berwarna ungu cerah dengan akar pendek mirip seperti ngengat terbang.

Bibit anggrek ini mudah ditemui seperti di tempat jual tanaman hias dengan harga yang relatif murah. Tapi ada juga jenis anggrek tertentu yang dibanderol dengan nilai tinggi.

Cara Menanam Anggrek Bulan
Sebelum menanam, pastikan Anda membeli jenis anggrek ngengat atau phalaenopsis. Karena beda jenis anggrek bakal berbeda juga cara merawatnya.

Supaya anggrek ngengat cepat berbunga, gunakan tanah dan campuran kulit kayu sebagai media tanam. Untuk wadah bisa memakai pot plastik atau tanah liat.

Selain dalam pot, anggrek bulan juga memungkinkan bila ditanam pada lumut jenis sphagnum yang sudah kering.

Perawatan Anggrek Bulan
Sama seperti tanaman lain, anggrek ngengat juga butuh nutrisi untuk tumbuh menghasilkan bunga-bunga cantik dan sehat.

Pupuk buatan adalah jenis pupuk yang bagus untuk merawat anggrek bulan. Pemberian pupuk dapat dilakukan sebulan sekali dengan dosis yang sudah tertera pada kemasan.

Anggrek bulan jangan sering diberi air, idealnya disiram seminggu sekali. Selain itu penting untuk jaga suhu ruangan tetap hangat karena anggrek tidak suka kondisi dingin.

Tanaman anggrek bulan hanya butuh intensitas cahaya sedang, maka hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung yang bisa membakar daun.

Manfaat Anggrek Bulan
Tidak hanya bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga anggrek juga menghasilkan beragam aroma pada setiap jenisnya dan cocok menjadi pewangi ruangan.

Selain itu, sari bunga anggrek sudah lama digunakan untuk pengobatan tradisional di Tiongkok dan dipercaya bisa menyembuhkan beberapa penyakit.

2. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman hias di ruangan gelap selanjutnya yaitu lidah mertua yang masih sejenis dengan sukulen. Artinya, daunnya yang berdaging itu dapat menampung cadangan air.

Sansevieria mempunyai dua jenis, ada yang panjang meruncing berukuran 50-75 cm dan berdaun pendek melingkar dengan panjang 8 cm serta lebar 3-6 cm.

Menurut penelitian Badan Penerbangan dan Antariksa (NASA) dengan ALCA, ditemukan sejumlah bukti bahwa sansevieria dapat mengurangi polusi secara alami.

Kelebihan lidah mertua ini juga mampu menyerap racun seperti karbondioksida, benzena, dan formaldehida. Bahkan adaptasi terhadap lingkungan juga cukup tinggi.

Cara Menanam Sansevieria
Teknik menanam sansevieria dapat dilakukan dengan tanam bibit yang sudah jadi maupun peranakan. Tapi jenis anakan akan butuh waktu cukup lama.

Karakter tanaman sansevieria cenderung kering dan tidak suka air berlebih. Menanamnya bisa dengan pasir malang, sekam bakar, dan pupuk organik perbandingan 2:1:1.

Jenis pot terbaik bagi tanaman lidah mertua beragam. Namun disarankan menggunakan berbahan tanah liat atau semen karena memiliki kelebihan dalam menyerap air.

Perawatan Sansevieria
Walaupun tidak begitu suka bila kelebihan air, sansevieria tetap butuh disiram. Hanya saja melakukannya jangan sering atau seperlunya.

Penempatan tanaman jenis sukulen ini dianjurkan dalam ruangan sedikit cahaya. Tapi sesekali boleh menjemurnya supaya terpapar sinar matahari.

Perlu diketahui, kebutuhan cahaya untuk sansevieria sangat lembut. Lebih cocok diletakkan dekat jendela atau teras rumah yang tidak terlalu menyorot matahari.

Selain air dan pencahayaan, pupuk tetap harus diberikan supaya mempercepat pertumbuhan tanaman. Anda bisa memakai pupuk daun atau kompos seminggu sekali.

Manfaat Sansevieria
Ada sejumlah manfaat yang dimiliki tanaman lidah mertua. Di antaranya menyerap polusi udara atau CO2 pada ruangan untuk kebutuhan fotosintesis dirinya dan produksi oksigen.

Jika menyimpan sansevieria pada ruangan tv, keberadaannya mampu mereduksi gelombang radiasi yang dipancarkan dari barang-barang elektronik tersebut.

3. Aglaonema (Chinese Evergreen)

Aglaonema atau lebih dikenal dengan 'Sri Rejeki' merupakan salah satu spesies tanaman hias yang banyak dicari.

Mengutip Plant Care Today, aglonema sangat mudah beradaptasi pada kondisi lingkungan apapun. Asalkan tidak disimpan di bawah suhu udara 16 derajat Celcius.

Dikarenakan varietas aglaonema cukup banyak terutama di Indonesia, harga jualnya terbilang cukup mahal. Harga bibit tanaman ini mulai dari Rp 150 ribu hingga jutaan.

Selain berdaun rindang, ciri lain dari aglaonema yaitu mempunyai batang cukup kecil berukuran 1-3 cm, warna daun hijau bercak putih dan kemerahan.

Cara Menanam Aglaonema
Ketika akan mulai menanam, pastikan memilih bibit aglaonema dewasa yang berasal dari inangnya. Kemudian rendam terlebih dulu sekitar 3 jam sebelum disemai ke media tanam.

Sebelum ditempatkan ke dalam pot, ada baiknya gunakan media tanam sekam yang telah dibakar.

Alternatif menanam aglaonema bisa dengan cocopeat yang terbuat dari serabut kelapa karena sangat mudah ditemui di Indonesia.

Perawatan Aglaonema
Permasalahan umum pada aglaonema adalah daunnya membusuk atau mati karena kelebihan air. Untuk itu, pastikan Anda tahu waktu ideal penyiraman tanaman hias.

Aglaonema tidak perlu sering diberi air, lakukan cek keadaan tanah terlebih dulu. Apabila masih basah tunda penyiraman. Namun bila sedang kemarau cukup sehari sekali disiram.

Supaya aglaonema semakin berkilau, berikan pupuk NPK 16-16-16 dengan metode tabur mengelilingi pot. Takaran dosis pupuk yang dianjurkan ½ atau 1 sendok teh penuh.

Manfaat Aglaonema
Selain bermanfaat mempercantik ruangan menjadi lebih cerah karena sentuhan daun-daun yang berkilau, aglonema juga berfungsi menetralkan udara kotor dalam rumah. Bahkan, tanaman hias di ruangan gelap seperti aglaonema ini bisa dijadikan ide bisnis yang cukup menjanjikan.

(avd/fef)/cnnindonesia/PE


TAG : gaya-hidup


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1709879949770_crop_88_compress1.jpg

Unik, Gubsu dan Bupati/Wali Kota Se Sumut Naik Becak Menuju Lokasi Musrenbang

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔13:45:56, 08 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Ada yang unik dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 Sumatera Utara (Sumut). Untuk menuju lokasi Musrenbang di Hotel Santika Dyandra Medan, Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin yang mengenakan baju adat Toba, naik becak bersama para Bupati/Wali Kota . . .

Berita Selengkapnya
pb1.jpg

Jalan Medan Berastagi Lumpuh, Sejumlah Warga Durin Simbelang Demo Polsek Pancur Batu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔06:20:38, 06 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Sejumlah warga Durin Simbelang, kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deliserdang adakan aksi demo di kantor Polsek Pancur Batu, Selasa 05/03/2024 pagi. Informasi yang diperoleh dari wartawan Radarmedan.com dari Pancur Batu, aksi demo tersebut membuat jalan Medan Berastagi lumpuh total. Akibat dari demo ini, akses . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo