Pemkab Simalungun Tiap Bulan Cairkan Milyaran Rupiah Anggaran PBI PBPU BPJS Kesehatan

Oleh : Radar Medan | 28 Jul 2023, 16:06:12 WIB | 👁 1138 Lihat
Kesehatan
Pemkab Simalungun Tiap Bulan Cairkan Milyaran Rupiah Anggaran PBI PBPU BPJS Kesehatan

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN  - Milyaran Rupiah dikucurkan Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Kesehatan, Semua disetorkan ke BPJS Kesehatan setiap bulannya diperuntukan bagi Kesehatan masyarakatnya.

Akan tetapi anggaran untuk iuran PBI PBPU Pemda tidak serta merta bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Karena iuran tersebut hanya diperuntukkan kepada masyarakat miskin/ kurang mampu. 

Begitupun, masih ditemukan keluhan para peserta PBI PBPU iuran Pemda Simalungun yang menurut informasi, jika kartu PBI/PBPU milik mereka tetiba di blokir tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.  Hal ini diketahui ketika wartawan mengunjungi salah satu rumah sakit milik swasta. 

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Simalungun Edwin Toni Simanjuntak S.Apt, MSi, saat dimintai tanggapan, menyampaikan jika ada dua hal yang menitik beratkan adanya penonaktifan kartu PBI PBPU (Penerima Bantuan Iuran Pekerja Bukan Penerima Upah) dari APBD Pemerintah Simalungun.

"Kartu tidak aktif karena, pertama perubahan pada kartu keluarga pasien, Kedua, Dana anggaran APBD yang disisihkan untuk para peserta PBI-PBPU APBD Pemda Simalungun mengalami  keterbatasan,"ungkapnya melalui WhatsApp, Kamis,(27/7/2023).

Ia juga menyampaikan jika di era Bupati Simalungun saat ini,  jumlah PBI PBPU Pemda Simalungun meningkat dan bertambah, penambahan anggaran tersebut masuk dalam anggaran APBD Pemkab Simalungun 2023.

Lanjut Edwin, jika dilihat dari 3 bulan terakhir, seperti jumlah peserta PBI PBPU APBD Pemkab Simalungun mengalami kenaikan peserta. 

" Jumlah peserta bulan Mei sebanyak 63.969 jiwa , pada bulan Juni 68.472 jiwa, Juli 75.459 jiwa. Dari Mei hingga Juli jumlah peserta meningkat mencapai 11490 Jiwa," sebutnya, 

Menurutnya jika Mei 2023 anggaran yang dibayarkan sebesar Rp.2.418.028.200,-, untuk bulan Juni dibayarkan sebesar Rp 2.588.241.600,-, dan untuk bulan Juli Rp 2.852.350.200,-, dengan penambahan anggaran dari bulan mei sampai Juli selisih sebesar Rp.434.322.300,- . 

Edwin Toni Simanjuntak S.Apt, MSi menjelaskan jika masyarakat yang menerima merupakan masyarakat miskin/ tidak mampu. 

"Melihat kelayakan penerima maka Masyarakat miskin/ tidak mampu dibuktikan melalui surat keterangan Tidak Mampu yang ditandatangani oleh pangulu, selain itu berdasarkan Data yang disampaikan oleh Bidan Desa melalui Kepala Puskesmas," jelasnya dan jika untuk ketentuan tentang BPJS Kesehatan PBI diatur dalam Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 21 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara  Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan.

"Mengacu peraturan tersebut, yang dimaksud fakir miskin adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai sumber mata pencaharian dan/atau mempunyai sumber mata pencaharian tetapi tidak mempunyai kemampuan memenuhi kebutuhan dasar yang layak bagi kehidupan dirinya dan/atau keluarganya," imbuhnya.

Edwin Toni Simanjuntak S.Apt, MSi, juga menambahkan, jika ada peserta PBI PBPU Pemda yang kartunya aktif dan non aktif, agar peserta tetap rujuk mulai dari Puskesmas masing - masing. 

"Jadi untuk peserta PBI PBPU Pemda Simalungun yang sakit, agar terlebih dahulu periksa ke puskesmas dan rujukan ke rumah sakit milik Pemerintah Daerah," jelasnya.

Ketika kartu peserta PBI PBPU Pemda non aktif, tetap dilayani dengan baik bahkan ketika opname di rumah sakit milik pemerintah Daerah, proses pengaktifan kartu bisa dilakukan. Selain itu, masyarakat hendaknya rutin memeriksa status kepesertaan BPJS Kesehatan ke Puskesmas terdekat, agar bisa ditindaklanjuti bila kepesertaan PBI PBPU Pemda miliknya tidak aktif.

"Nanti bila di puskesmas dinyatakan kartu kepesertaannya kondisi non aktif, maka pihak puskesmas akan menghubungi kami pihak dinas kesehatan, selanjutnya akan kami teruskan ke BPJS Kesehatan untuk pengaktifan kartu PBI PBPU Pemda Simalungun sembari dalam kondisi perawatan," jelasnya kepada wartawan, dan menyampaikan jika kasus - kasus seperti ini telah banyak ditemui dan dapat diselesaikan dengan baik. 

Edwin juga menjelaskan jika melihat perkembangan kebutuhan masyarakat untuk kesehatan di kabupaten Simalungun dan melihat kondisi ekonomi masyarakatnya, kemungkinan pada tahun depan (2024-red), peserta akan mencapai sekira 100 ribu jiwa yang akan ditampung didalam APBD Pemkab Simalungun untuk PBI PBPU Pemda. 

"Bupati saat ini sangat perhatian atas kesehatan masyarakatnya, ini kita lihat dari perkembangan peserta yang ditampung, jika sebelumnya sekira 15 ribuan maka sekarang dalam beberapa tahun terakhir sudah mencapai diatas angka 75 ribuan," ujarnya menjelaskan. 

Sebelumnya, Wartawan media ini menerima informasi dari narasumber yang namanya minta untuk dirahasiakan,

"Salah satu yang menjadi fakta Pasien di Rumah Sakit Swasta, banyak Kepesertaan BPJS Kes (iuran premi anggaran Pemda) tidak berlaku lagi, tanpa sepengetahuan Pemegang Kartu Kepesertaan. Akibatnya, Pasien kewalahan karena keberadaan ekonominya berkaitan dengan Pembiayaan Medis (Pasien Umum)," sebut narasumber tersebut (16/7), dan menyampaikan jika hal tersebut rentan terjadi untuk peserta PBI PBPU Iuran APBD Pemerintah Kabupaten Simalungun. 

Penulis : Andrew T Panjaitan, ST/PE


TAG : siantar--simalungun


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240614-WA0101_compress58.jpg

Bareskrim Polri Ungkap Laboratorium Ekstasi Clandestine di Medan Area

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔12:51:34, 14 Jun 2024

RADARMEDAN.COM  - Dalam menindak tegas jaringan peredaran narkoba, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan didukung oleh Polda Sumut serta Bea dan Cukai berhasil mengungkap laboratorium ekstasi clandestine. Operasi ini, dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, berakhir dengan pembongkaran fasilitas pembuatan obat terlarang . . .

Berita Selengkapnya
pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo