Polsek Biru-Biru Ungkap Komplotan Modus Ganjal ATM

Oleh : Admin Radar Medan | 31 Jul 2019, 17:21:11 WIB | 👁 1496 Lihat
Hukum dan Kriminal
Polsek Biru-Biru Ungkap Komplotan Modus Ganjal ATM

Keterangan Gambar : Kapolsek Biru Biru memaparkan kronologis modus pengganjalan ATM oleh pelaku kepada media


RADARMEDAN.COM, Deliserdang - Polsek Biru Biru Polres Deli Serdang ringkus pelaku pencurian dengan modus ganjal mesin ATM dengan menggunakan tusuk gigi dan mengganti kartu ATM para korban yang tersangkut dimesin ATM.

Kasus ini terungkap bermula dari seorang korban perempuan bernama Novitaria Tarigan yang akan melakukan transaksi menggunakan mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Bank BRI tepatnya didepan asrama militer Batalyon Armed 2/105 KS di Desa Candi Rejo Kecamatan Biru Biru. Saat akan memasukan kartu ATM nya kemesin ATM tersebut namun tidak dapat masuk setelah dicoba beberapa kali, lalu korban dihampiri oleh seorang laki-laki yang menawarkan bantuan kepada korban namun juga tidak dapat memasukkan kartu ATM kedalam mesin ATM tersebut yang kemudian seorang laki-laki tersebut pergi meninggalkan korban, selang tidak beberapa lama datang seorang laki-laki lain juga menawarkan bantuan yang sama kepada korban namun juga tidak dapat memasukkan kartu ATM korban kedalam mesin ATM yang kemudian seorang laki-laki tersebut juga meninggalkan korban.

Tidak berapa lama setelah kejadian tersebut, korban menerima notifikasi dari pesan singkat kehandphonenya melalui aplikasi SMS Banking bahwa telah terjadi transaksi direkening korban dengan keterangan dana keluar sebesar Rp.11.000.000,- dengan rincian penarikan tunai sebesar Rp.5.000.000,- dan transfer kebank lain sebesar Rp.6.000.000,-, mendapat keterangan tersebut korban melaporkan kejadian yang dialaminya kepihak Bank BRI dan sesuai petunjuk Bank BRI agar membuat laporan kepihak Kepolisian.

Polsek Biru Biru Polres Deli Serdang yang menerima laporan korban langsung bergerak cepat berkordinasi dengan pihak Bank BRI unit KCP Deli Tua untuk dapat membuka rekaman cctv pada mesin ATM tepatnya didepan asrama militer Batalyon Armed 2/105 KS di Desa Candi Rejo Kec. Biru Biru. Berbekal dari rekaman cctv tersebut, personil unit Reskrim Polsek Biru Biru berhasil mengantongi ciri-ciri dari pelaku.

Kemudian pada tanggal 25 Juli 2019, Unit Reskrim Polsek Biru Biru dipimpin Kanit Reskrim IPTU Toni Lumban Gaol berhasil menangkap kedua pelaku yang diketahui beridentitasi dengan inisial TL dan SL Alias SAM dikediamannya masing-masing.

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap tersangka, kedua pelaku menjelaskan bahwa mereka dengan sengaja mengganjal mesin ATM menggunakan tusuk gigi agar mesin tidak dapat menerima masuk kartu ATM, kemudian pada saat korban Novita Tarigan menggunakan mesin ATM tersebut, pelaku SL Alias SAM berpura-pura membantu korban dengan mencoba memasukkan kartu ATM korban kedalam mesin ATM yang tanpa diketahui korban kartu ATM korban telah diganti oleh pelaku dengan kartu ATM lain.

Lalu pelaku SL alias SAM berpura-pura tidak bisa juga memasukkan kartu ATM korban, kemudian pergi meninggalkan korban dengan membawa kartu ATM korban sehingga yang berada pada korban bukan lagi kartu ATM miliknya. Lalu datang pelaku TL yang juga berpura-pura akan membantu korban, pertama mengatakan bahwa kartu ATM korban terjepit, kemudian megarahkan korban agar menekan tombol cancel dan menekan nomor pin kartu ATM, dari situlah pelaku TL mengetahui nomor pin kartu ATM korban.

Kapolres Deli Serdang, AKBP Eddy Suryantha Tarigan, SIK melalui Kapolsek Biru Biru AKP Robiahtun menjelaskan kepada awak media, komplotan merupakan residivis dan spesialis pencurian dengan modus ganjal mesin ATM menggunakan tusuk gigi.

"Mereka berjumlah empat orang dan dua orang lainnya sudah kita kantongi identitasnya dan akan terus dilakukan pengejaran oleh Unit Reskrim, dari perkara ini kita akan coba bongkar dimana saja dan sudah berapa kali para pelaku ini melakukan pencurian dengan modus seperti ini,”katanya.

Terpisah Kanit Reskrim Polsek Biru Biru, IPTU Toni Lumban Gaol menjelaskan, para pelaku beserta  barang bukti diamankan di Mapolsek Biru Biru dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya para pelaku dipersangkakan melakukan tindak pidana dengan Pasal 363 ayat (1) ke 4e KUHPidana tentang pencurian pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara.(tribratanews/red/PR)


TAG : kriminal,sumut,hukum,deliserdang


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

forensik.jpg

Dokter Forensik: Sempurna Pasaribu Masih Hidup saat Rumah Dibakar

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:35:04, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Teka-teki apakah korban Rico Sempurna Pasaribu beserta istrinya, Efprida Boru Ginting, anaknya SP (13), dan cucu LS (3), dibunuh baru dibakar rumahnya, Kamis dinihari (27/6/2024) di Jalan Nibung Surbakti, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara (Sumut), terungkap.  Dokter Forensik RS Bhayangkara TK II Medan, dr Ismurizal SpF, . . .

Berita Selengkapnya
kkj.jpg

Diduga Pembunuhan Berencana, Keluarga Rico Pasaribu Jurnalis dari Karo Lapor ke Polda Sumut

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔10:23:44, 09 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Komite Keselamatan Jurnalis (KKJ) mengecam dugaan aksi pembakaran rumah jurnalis Tribrata TV, Rico Sempurna Pasaribu, di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis (27/6/2024) lalu. Kebakaran itu menewaskan Rico dan tiga anggota keluarganya. Anak korban yang berinisial EP meyakini, kebakaran itu tidak wajar. EP yang didampingi KKJ . . .

Berita Selengkapnya
sci.jpg

Inilah SCI, Metode Digunakan Polda Sumut Ungkap Tersangka Pembakaran Rumah Sempurna Pasaribu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:45:53, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Tak butuh lama, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) berhasil menangkap tersangka pembakaran rumah Rico Sempurna Pasaribu yang terjadi pada Kamis dinihari (27/6/2024), di Jalan Nabung Surbakti, Kabanjahe, Karo. Keberhasilan pengungkapan kasus tersebut tak terlepas dari penggunaan metode modern Scientific Crime . . .

Berita Selengkapnya
pembunuhan.jpg

Kematian Wartawan Tibrata di Karo Mengarah ke Pembunuhan, 2 Tersangka Diciduk Bersama Barang Bukti

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔14:54:26, 08 Jul 2024

RADARMEDAN.COM, KARO - Dua tersangka pembunuh wartawan Tribrata TV, dan satu keluarga terjadi pada Kamis (27/6/24) dinihari, berhasil diciduk Polres Tanah Karo. Kapoldasu Komjen Pol. Agung Setya Imam Effendi, didampingi Pangdam I/Bukit Barisan, Mayjen TNI Mochammad Hasan, Kapolres Tanah Karo, AKBP Wahyudi Rahman, dalam keterangan konferensi . . .

Berita Selengkapnya
Screenshot_20240707-104933_WhatsApp_compress52.jpg

Ratusan Orang Casis Bintara dan Tamtama Kecewa, Ombudsman Bantah Dilibatkan Pengawas Eksternal

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔10:25:45, 13 Jul 2024

RADARMEDAN.COM - Ratusan calon pelamar atau calon siswa Bintara dan Tamtama Polri 2024 kecewa usai menerima pengumuman seleksi di Gedung Auditorium USU, Sabtu 6/7/2024. Ratusan orang yang sebagian besar dari keluarga calon siswa menyoraki Kapolda Sumatra Utara Komjen Pol Agung Setya Imam Effendi, saat menuju mobilnya di Gedung . . .

Berita Selengkapnya
dprd8.jpg

Hari Pertama Ngantor di Sumut, Pj Gubernur Agus Fatoni Kunjungi Kantor DPRD

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔23:20:01, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Hari ini merupakan pertama kalinya Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Agus Fatoni resmi berkantor di Sumut, dan langsung mengunjungi unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), salah satunya Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumut Sutarto, guna perkuat sinergitas. Kegiatan ini berlangsung di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240627-WA0188_compress2.jpg

4 Orang Tewas, Polres Tanah Karo Lakukan Penyelidikan Terkait Terbakarnya Rumah Wartawan Online

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:57:15, 27 Jun 2024

RADARMEDAN.COM,KARO - Sempurna Pasaribu Wartawan Media Online dan keluarganya tewas terbakar di sebuah kios di Jalan Nabung Surbakti, Kelurahan Padang Mas, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo Kamis (27/6/2024) dinihari sekira pukul 02.30 WIB. PLH. Kapolres Tanah Karo AKBP Oloan Siahaan, S.I.K, M.H, membenarkan terjadinya peristiwa . . .

Berita Selengkapnya
20240621_152452_compress27.jpg

Kasus Pelajar SMP Tewas Mandek, Didampingi LBH Medan Ibu Ini Minta Perhatian Presiden Jokowi

🔖 UMUM 👤Radar Medan 🕔12:42:24, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Seorang pelajar SMP inisial MHS (15) diduga tewas usai dianiaya oknum TNI saat menertibkan tawuran. Didampingi Direktur LBH Medan Irvan Saputra, SH. MH, dan Richard D Hutapea (PBH) Sipil Politik LBH Medan selaku Kuasa Hukum Lenny Damanik, mengatakan penganiayaan itu diduga terjadi di dekat rel kereta api di Jalan Pelikan Ujung, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240622-WA0042.jpg

Ratusan Bangunan Mewah di CBD Disoroti DPRD dan Lembaga Swadaya Masyarakat

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔10:41:02, 22 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Lembaga Swadaya Masyarakat yang bernama Barisan Rakyat Peduli Negara (Barapena) Sumatera Utara, menyoroti ratusan  bangunan perumahan mewah diduga berdiri tanpa plang IMB/PBG di Jalan Lapangan Golf (Komplek CBD) Polonia  Kelurahan Suka Damai,  Kecamatan Medan Polonia, Sabtu  (22/6/2024). Kepada . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240614-WA0101_compress58.jpg

Bareskrim Polri Ungkap Laboratorium Ekstasi Clandestine di Medan Area

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔12:51:34, 14 Jun 2024

RADARMEDAN.COM  - Dalam menindak tegas jaringan peredaran narkoba, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan didukung oleh Polda Sumut serta Bea dan Cukai berhasil mengungkap laboratorium ekstasi clandestine. Operasi ini, dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, berakhir dengan pembongkaran fasilitas pembuatan obat terlarang . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo