Data Pinhome, Berikut Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Oleh : Radar Medan | 31 Mei 2022, 14:07:09 WIB | 👁 1399 Lihat
Gaya Hidup
Data Pinhome, Berikut Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

RADARMEDAN.COM, Jakarta, 31 Mei 2022 – Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya menjadi penting. Hal ini dipicu oleh daya beli dan juga kebutuhan untuk memiliki barang-barang tersebut. Meskipun tidak dikonsumsi setiap hari, kebutuhan tersier diperlukan seseorang untuk mendukung aktivitas dan kehidupan sehari-hari.

Sebelum mengetahui urutan barang tersier paling dicari, berikut merupakan persentase aktivitas belanja online yang dilakukan orang Indonesia dan juga persentase transaksi online.

Persentase Pencarian Produk dan Jasa via Online

Sejak tahun 2017, ada kenaikan signifikan untuk persentase pencarian produk dan jasa via online. Artinya, semakin banyak orang yang memanfaatkan internet untuk menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan.

Pada tahun 2017, sebanyak 48 persen masyarakat Indonesia melakukan pencarian barang secara online. Di tahun 2018, ada penurunan menjadi 45 persen, namun masih terpantau di angka 40-an.

Masuk ke tahun 2019, pencarian produk dan jasa secara online semakin meningkat tajam menjadi 93 persen. Di tahun 2020, bersamaan dengan pandemi, persentase pencarian masih konsisten di angka 93 persen dan begitu pula di tahun 2021. Hal ini menunjukkan bahwa pencarian produk dan jasa online menjadi tren dan kebutuhan mendasar.

Persentase Transaksi Online

Data berikut menjelaskan jumlah orang yang melakukan transaksi online, termasuk membayar tagihan secara online dalam populasi di Indonesia. Di tahun 2017, ada 9 persen transaksi online di Indonesia. Sementara di tahun 2018 terdapat penurunan menjadi 5 persen.

Tahun 2019 hingga 2020 nilai jumlah transaksi online dari total populasi yang ada mencapai 11 persen. Kemudian di tahun 2021 ada kenaikan 0,2 persen sehingga menjadi 11,2 persen. Mungkin angka ini terlihat kecil, namun pada kenyataannya di Indonesia kepemilikan kartu kredit dan kartu debit pun masih rendah sehingga ini yang memengaruhi persentase tersebut. Hal yang bisa digarisbawahi adalah setelah masa pandemi terjadi yaitu tahun 2020, transaksi online semakin meningkat.

Lalu, bagaimana dengan tingkat pencarian barang tersier? Berikut ulasannya.

Barang Tersier Paling Populer

Setelah melakukan riset, dapat dilihat bahwa pencarian barang tersier mobil menempati persentase paling tinggi yaitu 2.500 search volume (SV). Kemudian di urutan kedua ada rumah dengan nilai SV 2.200.

Di urutan ketiga dan keempat ada laptop dan motor dengan masing-masing nilai SV sebanyak 1.200 dan 1.000. Selanjutnya untuk pencarian apartemen sebagai hunian memiliki jumlah pencarian 800 SV. Lalu, diikuti pencarian sepeda 600 SV. Untuk dua barang tersier paling rendah yang dicari adalah tab dan smartphone. 

Platform pencarian produk dan jasa  

Selanjutnya terdapat data platform pencarian produk dan jasa paling populer. Artinya, platform ini adalah yang paling diandalkan masyarakat untuk mencari produk atau jasa yang ingin mereka beli. 

Di urutan enam teratas ada search engine seperti Google atau Bing yang digunakan masyarakat untuk mencari produk dan jasa, dengan nilai persentase hingga 49,70 persen. Diikuti dengan iklan media sosial yang mencapai 39,20 persen.

Lalu ada rekomendasi di media sosial sebanyak 39 persen. Pencarian di website resmi produk mencapai 37,60 persen. Lalu di urutan kelima ada rekomendasi atau review konsumen dan Iklan TV dengan nilai persentase yang sama yaitu 35,90 persen.

Selanjutnya untuk empat terbawah platform pencarian produk dan jasa ditempati word of mouth 34,20 persen; website pembanding produk 29,50 persen; review dari blogger 28,50 persen dan brosur produk 28,30 persen.

Ditemukan bahwa delapan dari sepuluh platform yang digunakan untuk mencari produk dan jasa adalah media online. Untuk media offline hanya ada 2 yaitu word of mouth atau informasi dari mulut ke mulut dan katalog atau brosur cetak produk.

Selanjutnya temuan kedua adalah di lima teratas platform yang digunakan untuk mencari produk dan jasa adalah portal online. 

Metodologi

Metode riset di atas menggunakan beberapa langkah. Pertama tim riset dari marketing Pinhome mencari data persentase transaksi online dan persentase pencarian produk atau jasa melalui platform online. Data didapat dari laporan tahunan WeAreSocial dan Hootsuite dalam lima tahun terakhir sejak 2017-2021. 

Langkah kedua mencari popularitas barang tersier yang paling dicari oleh orang Indonesia dalam lima tahun terakhir sejak 2017 hingga 2021. Langkah kedua ini menggunakan Ahrefs untuk mengetahui popularitas barang tersier yang dicari orang Indonesia. 

Langkah ketiga, mencari platform paling populer yang digunakan orang Indonesia dalam mencari produk atau jasa. Data ini didapat melalui laporan tahunan WeAreSocial dan Hootsuite. (ril/pe)


TAG : gaya-hidup,metropolitan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

hbb2.jpg

Dampingi Keluarga Korban Aipda GS, LBH HBB Pertanyakan Proses Penyelidikan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:19:19, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Horas Bangso Batak (HBB) dampingi keluarga korban Aipda GS yang tewas beberapa waktu lalu mengunjungi Polsek Medan Helvetia, Kamis 26/01/2023. LBH HBB dipimpin Thomson M Parapat, SH bersama Donal Lubis, SH dan Hengki Silaen, SH mendampingi Gutben Silaen selaku abang kandung korban. Gutben Silaen . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230126-WA0042_compress5.jpg

Presiden Jokowi Paparkan Sejumlah Langkah Sukses Pemerintah Tangani Pandemi

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔16:05:54, 26 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memaparkan sejumlah langkah yang diambil pemerintah Indonesia dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia dan negara-negara di dunia sejak tahun 2020. Menurut Presiden, langkah pertama yang diambil pemerintah adalah melakukan manajemen makro dan mikro secara efektif sehingga semua . . .

Berita Selengkapnya
kabid.jpg

Kabid Pembinaan SMA Angkat Bicara Terkait Delapan Guru Korban Dugaan Penipuan P3K di Labuhanbatu

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔22:35:39, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Terkait dugaan penipuan terhadap delapan guru honor di Labuhanbatu oleh Kepala Sekolah dengan modus guna mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) angkat bicara. BACA JUGA : Delapan Guru di . . .

Berita Selengkapnya
KEPRI.jpg

Kolaborasi Disdukcapil dan Kominfo Urus KTP di Batam Kini Bisa Online

🔖 KEPRI - BATAM 👤Radar Medan 🕔22:27:27, 25 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, BATAM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam menyiapkan Aplikasi Layanan Kependudukan Secara Elektronik (LAKSE). Aplikasi LAKSE ini merupakan aplikasi yang dikembangkan guna menampung permohonan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas kependudukan sebelum . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230121-WA0012_compress41.jpg

Korban Tenggelam di Panai Hulu Ditemukan Nelayan di Sei Rakyat

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔15:28:53, 21 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Setelah melakukan pencarian selama dua hari, korban tenggelam di Pelabuhan Laut Tanjung Sarang Elang, Bambang Panca Darma akhirnya ditemukan di perairan Sei Rakyat, Desa Sei Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, berjarak sekitar 12 Kilometer dari lokasi kejadian, Sabtu (21/1) pukul 07.45 WIB. BACA . . .

Berita Selengkapnya
tonny.jpg

PLN Siap Dukung F1H2O Pertama di Indonesia

🔖 OLAHRAGA 👤Radar Medan 🕔17:11:39, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM -  Indonesia terpilih sebagai tuan rumah ajang kejuaraan dunia balap perahu super cepat F1 Powerboat (F1H2O) pada tahun 2023. Perhelatan internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba, Sumatera Utara pada 24 hingga 26 Februari 2023 mendatang. FIH2O merupakan Kejuaraan Dunia Powerboat yang . . .

Berita Selengkapnya
taput13.jpg

Pemkab Tapanuli Utara Terima Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔09:13:53, 20 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, Medan - Kementerian BPN/ATR Republik Indonesia melalui Kakanwil ATR/BPN SUMUT mengadakan Rapat Kerja Daerah utk seluruh Kab/Kota di Sumatera Utara. Bertempat di Hotel Grand Mercure Medan, Kamis (19/1/2023). Topik utama dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah terkait penguatan dukungan Pemerintah Daerah dalam hal implementasi . . .

Berita Selengkapnya
sikarta.jpg

Produksi Kopi SIKARTA Naik Berkat Bantuan PLN Peduli

🔖 KULINER 👤Radar Medan 🕔09:25:39, 19 Jan 2023

RADARMEDAN.COM - Kopi dari Pulau Sumatera sangat diminati oleh para penikmat kopi di Indonesia karena memiliki cita rasa yang khas.  Kali ini kopi dataran tinggi Gunung Meriah “Kopi Si Karta” mulai populer di kalangan penikmat kopi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.   Kopi Si Karta pertama kali . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20230118-WA0040.jpg

Delapan Guru di Labuhanbatu Diduga Jadi Korban Penipuan Kepala Sekolahnya Sendiri

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:08:43, 18 Jan 2023

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Penipuan dengan modus menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) masih saja terjadi. Kali ini, sebanyak delapan guru honorer di SMA Negeri 2 Bilah Hilir, Kecamatan Bilah Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, menjadi korban oleh kepala sekolahnya sendiri. Keterangan yang disampaikan oleh . . .

Berita Selengkapnya
honorer1.jpg

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah

🔖 PENDIDIKAN 👤Radar Medan 🕔06:38:35, 17 Jan 2023

Guru Honorer SMK Negeri 1 Pangkatan Kecewa Jam Mengajar Dipangkas Kepala Sekolah RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Sejumlah guru honorer SMK Negeri 1 Pangkatan di Kampung Padang, Kecamatan Pangkatan, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara kecewa, pasalnya, jam mengajar guru honorer dikurangi/dipangkas kepala sekolah. Hal itu dikatakan salah . . .

Berita Selengkapnya

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo