Hari Jadi Ke-18 Pakpak Bharat, Bupati Franc Harap Segenap Unsur Bisa Kolaborasi dalam Membangun

Oleh : Radar Medan | 29 Jul 2021, 00:02:39 WIB | 👁 1056 Lihat
Daerah
Hari Jadi Ke-18 Pakpak Bharat, Bupati Franc Harap Segenap Unsur Bisa Kolaborasi dalam Membangun

RADAR MEDAN.COM, PAKPAK BHARAT - Untuk mensukseskan program dimasa kini dan mendatang, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengajak seluruh pemuka agama, pemuka adat, pemuka masyarakat untuk bergandeng tangan bersama pemerintah, bahu-membahu dengan spirit kearifan lokal ikut berkiprah membangun, membesarkan daerah Kabupaten Pakpak Bharat sebab proses pembangunan adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkul semua aspek kehidupan masyarakat. Ajakan tersebut disampaikan Bupati Franc dalam pidato peringatan Hari Jadi ke-18 Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis (28/07/21) di Ruang Paripurna DPRD Pakpak Bharat Sindeka Salak yang dirayakan secara sangat sederhana. 

Perayaan diawali dengan acara ziarah di Tugu Pemekaran, Desa Boangmanalu, Kecamatan Salak. Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor yang bertindak selaku Inspektur Upacara, meletakkan karangan bunga serta diikuti dengan perwakilan Forkopimda dan perwakilan tokoh pemekaran. Usai pelaksanaan ziarah, dengan penerapan protokol kesehatan, perayaan berlanjut ke ruang sidang paripurna dengan agenda mendengarkan pidato Bupati Pakpak Bharat. 

Tampak hadir unsur pimpinan dan anggota DPRD Kab. Pakpak Bharat, Ketua DPRD SU Baskami Ginting, para unsur forum koordinasi pimpinan daerah kab. Pakpak Bharat, sekretaris daerah, Para asisten, para pimpinan OPD dan pejabat struktural pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat, Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Pakpak Bharat, pimpinan instansi vertikal, BUMN dan BUMD kabupaten Pakpak Bharat, Pemrakarsa dan para tokoh pemekaran Kabupaten Dairi serta para ahli waris, Ketua dharma wanita persatuan Kabupaten Pakpak Bharat, kepala desa, Pemuka Masyarakat, Pemuka Agama, Pemuka Adat, Pimpinan partai politik, Pimpinan Ormas, LSM, Para pemerhati pembangunan Kabupaten Pakpak Bharat dan unsur lainnya. 

Rangkaian acara hari jadi Kabupaten Pakpak Bharat berpedoman dengan protokol kesehatan dan menerapkan tema "BERSATU, BEKERJA, SEHAT, EKONOMI PULIH" dengan sub tema "DENGAN SEMANGAT HARI JADI KABUPATEN PAKPAK BHARAT KE -18 TAHUN 2021, MARI KITA BERSATU MENCEGAH PENYEBARAN COVID-19 UNTUK MEWUJUDKAN MASYARAKAT SEHAT DAN BERKUALITAS MENUJU MASYARAKAT PAKPAK BHARA NDUMA "

Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor dalam pidatonya mengatakan, sejalan dengan kondisi masih merebaknya kasus Covid-19, pemerintah  mengajak seluruh masyarakat dimana pun berada untuk turut berpartisispasi melalui LIVE STREAMING dari berbagai media untuk dapat ikut memeriahkan peringatan hari jadi. pemerintah ingin semangat tetap terus berkobar serta berdoa agar pada tahun berikutnya seluruhnya masyarakat dapat menyelenggarakannya dengan penuh suka cita.

Dalam peringatan hari jadi ke-18 Kabupaten Pakpak Bharat, pemerintah menyampaikan kepada seluruh komponen masyarakat baik yang tergabung pada pemuka agama, pemuka masyarakat, pemuka adat, pemuka pemuda, para pelaku ekonomi makro dan mikro, pelaku usaha jasa untuk terus menyatakan perang melawan covid-19 serta mematuhi protokol kesehatan. 

Dalam kesempatan ini juga, Pemkab Pakpak Bharat juga mengapresisasi kepada para garda terdepan mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya petugas medis, TNI /Polri, serta seluruh tim yang terlibat baik dalam proses penanganan hingga pencegahan.

"Pemerintah juga mengapresiasi atas antusia masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat yang telah meluangkan waktu dan kesempatan untuk di vaksin yang kita lakukan secara berkala baik pada fasilitas kesehatan maupun beberapa lokasi yang telah ditentukan, kedepan pemerintah akan terus berupaya agar seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat mendapatkan vaksin dan dengan segera memutus mata rantai penularan Covid-19 di Kabupaten Pakpak Bharat," ucap Bupati Franc.

Orang nomor satu di Pakpak Bharat ini juga menyatakan dalam peringatan hari jadi ke-18 Kabupaten Pakpak Bharat terdapat beberapa dinamika hambatan dan tantangan, terkhusus pada tahun dengan masih belum berakhirnya pandemi Covid-19 secara nasional terdapat beberapa perubahan pada arah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Pemerintah akan terus berupaya menjalankan roda pemerintah serta menjawab tantangan demi tantangan yang muncul seiring berjalannya waktu, namun pemerintah juga ingin menyampaikan kepada seluruh komponen masyarakat baik yang tergabung pada pemuka agama, pemuka masyarakat, pemuka adat, pemuka pemuda, para pelaku ekonomi makro dan mikro, pelaku usaha jaasa untuk terus menyatakan perang melawan covid-19 serta patuhi protokol kesehatan.

 "Jauhi kerumunan, pakai masker, jaga jarak dan galakkan pola hidup serta pada lingkungan rumah maupun kantor. dengan disiplin dalam menerapkan bebrapa hal diatas niscaya kita dapat menghadapi serta mencegah penyebaran covid-19 di Kabupaten Pakpak Bharat. Kedepannya pemerintah akan terus berupaya agar seluruh masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat mendapatkan vaksin dan dengan segera memutus mata rantai penularan covid-19 di Kabupaten Pakpak Bharat," ucap Bupati Franc.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati Franc menyampaikan secara khusus kepada segenap aparatur sipil negara pemerintah kabupaten pakpak bharat, saya tekankan agar tetap mengedepankan profesionalisme bekerja, di barengi dengan sikap disiplin dalam melaksanakan tugas-tugas pemerintah, pembangunan dan pembinaan kemsyarakatan pada semua tingkat. disamping itu, manajemen administrasi pemerintah dan manajemen pengolahan admisintrasi keuangan, harus mendapatkan perhatian yang sungguh-sungguh sehingga dapat berlangsung secara transparan dan akuntabel. kedepan, transparansi dan akuntabilitas akan semakin dituntut dalam pelaksanaan tugas-tugas, demikian juga dengan pengawasan yang akan semakin ketat dan tegas, sehingga aparatur sipil harus terus memperbaiki diri dan meningkatkan kompetensi agar kapabilitas yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan pada saat ini dan masa depan.
 
Kepada generasi muda, Bupati Franc  berpesan agar dapat memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya, untuk itu dari sekarang tumbuh suburkan budaya untuk berbuat yang positif dalam segala hal, jangan berhenti berbuat baik sekecil apapun demi mempersiapkan diri menjadi pemimpin dimasa depan dan menjadi pioner di Kabupaten Pakpak Bharat.

Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumangger menyampaikan beberapa hal secara umum menurut kacamata DPRD Kabupaten Pakpak Bharat. Diusia 18 tahun Pakpak Bharat disyukuri karena pada usia ini, kita telah bergeser dari berbagai hal kepada fase yang telah lebih matang tentunya diharapkan proses pergeseran tersebut semuanya menuju ke kehidupan masyarakat yang lebih baik dari masa lalu sampai hari ini dalam berbagai sektor. Kepala daerah sekaligus Kepala pemerintah telah diemban sejumlah orang, PJ. bupati sudah sejumlah 4 orang dan bupati 4 orang sehingga total 8 orang. Pada masa pemerintahan disetiap masanya hanya periode kepala daerah dan wakil kepala daerah 2010-2015 yang penuh bertugas hingga akhir periode. Selebihnya hanya menyelesaikan tugas beberapa tahun saja. hal ini menjadi persoalan tersendiri yang dampaknya tidak baik dalam pengelohan pemerintahan terutama dalam menjalankan program yang tertuang dalam RPJMD dan RPJP kepala daerah yang semuanya itu bersumber dari visi dan misi pada saat pencalonan di pemilukada. 

Ketua DPRD Kabupaten Pakpak Bharat Hotma Ramles Tumangger berharap kepada pemerintah dan para pemangku kepentingan berdasarkan peran dan kewenangan masing-masing agar dapat menyelesaikan ranperda rencana pembangunan jangka menenga daerah tahun 2021-2026 ini dengan baik sehingga dapat menjadi sebuah arahan dan pedoman pembangunan, menjadi instrumen dan tolak ukur keberhasilan pembangunan daerah kabupaten Pakpak Bharat 5 (Lima) tahun kedepan sesuai dengan kondisi, karakteristik dan potensi daerah Kabupaten Pakpak Bharat dengan mempertimbangkan dinamika geostrategis dan analisis atas berbagai permasalahan utama dalam pembangunan daerah yang dihadapi pada tahun 2021-2026 mendatang.

Sementara itu, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting mengatakan selaku ketua DPRD Sumatra Utara mengingatkan kembali kepada masyarakat Sumatera Utara khusunya warga masyarakat Kabupaten Pakpak Bharat untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah dalam mengantisipsi penularan covid-19 dengan terus menjaga protokol kesehatan dan mendukung terus pemerintah, khususnya bupati dan wakil bupati dalam menyujudkan kabupaten Pakpak Bharat yang bersatu dan sejahteta, unggul dalam kualitas hidup, terdepan dalam pelayanan publik berlandaskan agama dan budaya.

"Mari kita jadiakan momentum HUT Kabupaten Pakpak Bharat ini menjadi tonggak pembangunan berkelanjutan yang berbasis budaya.saya mengajak anak-anak muda, penerus bangsa di Kabupaten Pakpak Bharat untuk berpartisipasi, berkolaborasi dan ikut serta dalam pembangunan dengan berlandaskan budaya dan kearifan lokal. Kelestariaan budaya dan kearifan lokal di Pakpak Bharat ini seharusnya menjadi modal untuk pengembangan daerah ini," kata Baskami Ginting.

Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting berpendapat pembangunan yang berbasis budaya dan kearifan lokal akan mengurangi dampak latent dari pengembangan itu sendiri. Pembangunan berbasis budaya sesuai dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati, wajib didukung kinerja bupati dan wakil bupati untuk mewujudkan Pakpak Bharat yang maju dan unggul. Acara peringatan ini diakhiri dengan potong kue dan makan bersama dengan perwakilan segala unsur.(MB)/PE


TAG : pakpak-bharat


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya
20240320_082837_compress42.jpg

Ini Kronologis Tabrakan Kereta Api Kontra Truk di Pasar Bengkel Serdang Bedagai

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔10:01:08, 20 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Tabrakan yang terjadi pada hari Senin tanggal 19 Maret 2024, sekitar pukul 20.27  WIB di jalan umum Medan Tebing Tinggi tepatnya di perlintasan Kereta Api Pasar Bengkel (Plang Terpasang) kini dalam lidik Polres Serdang Bedagai. Kasat Lantas Polres Serdang Bedagai AKP Andita Sitepu, SH, MH dihubungi . . .

Berita Selengkapnya
kereta_api_serdang.jpg

Truk Mogok Ditabrak Kereta Api di Pasar Bengkel Perbaungan

🔖 SEKITAR KITA 👤Radar Medan 🕔23:39:21, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, SERDANG BEDAGAI - Informasi kecelakaan Kereta Api viral di media sosial. DIkabarkan, Kereta Api menuju Medan menabrak Truk yang sedang mengalami kerusakan dijalur kereta api di Pasar Bengkel, Perbaungan, Selasa, 19/3/2024 sekira pukul 20.30 WIB. Kejadian tersebut viral di media sosial dan group whatsapp karena sempat . . .

Berita Selengkapnya
dprrrr.jpg

Inilah 10 Anggota DPR RI Asal Sumut Rekapitulasi KPUD 2024

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔06:53:06, 19 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2024 di Provinsi Sumatera Utara sudah selesai, Senin (18/3/2024).. Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Sumatera Utara dan berdasarkan Model D hasil Prov-DPR RI Sumatera Utara, inilah perwakilan Sumatera Utara yang akan duduk menjadi Anggota DPR RI Periode 2024-2029 . . .

Berita Selengkapnya
dprd7.jpg

Ini Daftar 100 Anggota DPRD Sumut Terpilih Hasil Rekapitulasi KPU

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔18:18:00, 16 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara (Sumut) telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan perolehan suara untuk pemilihan anggota DPRD Sumut Jumat (15/3/2024. Sesuai PKPU Nomor 6 Tahun 2023, terdapat 12 dapil untuk pemilihan anggota DPRD Sumut. Dari 12 dapil tersebut, akan terpilih 100 anggota DPRD Sumut. Setelah . . .

Berita Selengkapnya
FB_IMG_1710476126516_compress94.jpg

Presiden Jokowi Resmikan Pabrik Percontohan Minyak Makan Merah Pertama di Indonesia

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:17:56, 15 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, DELI SERDANG - Presiden Joko Widodo meresmikan pabrik percontohan minyak makan merah Pagar Merbau di Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara, pada Kamis, 14 Maret 2024. Peresmian pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia tersebut menandai langkah maju dalam industri kelapa sawit nasional dan pemberdayaan . . .

Berita Selengkapnya
kejatisu.jpg

Dugaan Korupsi APD Covid-19, Kejatisu Tahan Kadis Kesehatan Provsu

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔17:48:51, 13 Mar 2024

RADARMEDAN.COM - Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) melakukan penahanan terhadap dua orang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana korupsi dalam perkara Penyelewengan dan Mark-Up Program Pengadaan Penyediaan Sarana, Prasarana Bahan dan Peralatan Pendukung  Covid-19 berupa Alat Pelindung Diri (APD) di Dinas Kesehatan Provinsi . . .

Berita Selengkapnya
labatujkw.jpg

Presiden Jokowi Dijadwalkan Berkunjungi ke Labuhanbatu, Pemkab Lakukan Persiapan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔08:31:27, 12 Mar 2024

RADARMEDAN.COM, LABUHANBATU - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dijadwalkan akan melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Labuhanbatu pada Jum'at 15 Maret 2024 mendatang, berbagai persiapan dilakukan oleh unsur Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu, Senin (11/3/2024). Plt Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, membenarkan rencana kunjungan . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo