Kabupaten Karo Rencananya akan Dibangun Bank Sampah, Lahan 10 Ha di Nagara Disiapkan
100 sampai 200 Ton Sampah Akan Dikelola

Oleh : Radar Medan | 03 Des 2019, 19:28:26 WIB | 👁 1098 Lihat
Daerah
Kabupaten Karo Rencananya akan Dibangun Bank Sampah, Lahan 10 Ha di Nagara Disiapkan

Keterangan Gambar : Pertemuan Bupati Karo dan Wakil Bupati Karo dengan investor asal Korea yang ingin membangun Bank Sampah


RADARMEDAN.COM,KARO- Bupati Karo, Terkelin Brahmana bersama Wakil Bupati Karo, Cory Seriwaty br Sebayang dan didampingi Kepala Dinas Bappeda Ir Nasib Sianturi, Plt Lhk Lisma Br Ginting, Plt Kominfo, Jonson Tarigan dan Sekretaris Dinas Pertanian, Munarta Ginting menerima audensi kedatangan investor asal Korea, HGNS Inc, Selasa (3/12) pukul 13.30 WIB di ruang Command Center Kominfo.

Kedatangan Perwakilan dari HGNS inc, R James Alexander didampingi, Eko Sujatmoko, Operational Director PT Pembangunan Prasarana Sumatera Utara (PPSU), staf PT PPSU,  M yusuf dalam rangka kerjasama  pembangunan pengelolaan sampah bertaraf internasional.

R James Alexander menawarkan kepada Pemda Karo cara mencegah adanya pencemaran tanah, sungai dan udara dari pengelolaan sampah. Pihaknya bersedia bekerjasama dan menawarkan  konsep  program fasilitasi pembangunan Pusat Daur Ulang (PDU)  atau istilah "Bank Sampah".

Namun dalam sisi pembangunan "Bank Sampah" Menurut James ingin melibatkan kerjasama lintas Kabupaten (Kab. Dairi, Simalungun dan Pakpak Bharat), dilain sisi lokasi  pambangunan bank Sampah dipusatkan di  Kab. Karo.

“Pembangunan bank sampah ini kalau bisa melibatkan kabupaten lain dan semuanya nanti terpusat di Tanah Karo,” kata R James.

Kerjasama ini rencana  akan direncanakan difasilitasi  oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi agar diadakan pertemuan ketiga daerah tersebut dengan melalui rapat nantinya, sesuai jadwal bulan Januari, April, Juni dan Juli 2020.

Mendengar tawaran perusahaan HGNS Inc, Bupati karo Terkelin Brahmana menyambut baik dan merespon positif, sebab keberadaan  Bank Sampah bagian dari  menanggulangi sampah yang sifatnya meramahkan lingkungan sekitar.

“Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat ‘berkawan’ dengan sampah untuk mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah,”ujar Bupati Karo.

Untuk itu, Dinas LHK agar mengkampanyekan tentang reduce, rescue, dan recycle (3R). Dengan sosialisasi ini masyarakat akan sadar pentingnya membuang sampah pada tempatnya.

Hal senada dikemukan wakil Bupati Karo Cory Seriwaty br Sebayang, bahwa kegiatan ini tindak lanjut pertemuan pertemuan sebelumnya bersama pihak investor dari Korea. Manfaat dari bank ini adalah dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi warganya.

“Dengan begitu lingkungan yan menjadi tempat tinggal akan terjauh dari berbagai bakteri dan kuman yang dapat menimbulkan penyakit,”ujarnya.

Pada kesempatan yang sama pelaksana tugas lingkungan hidup Kab Karo, Lisma Br Ginting  membenarkan rencana pembangunan pengelolaan sampah atau  Bank Sampah, dirinya mengaku sudah menyiapkan lahan lokasi di desa Nagara, Kecamatan Merek seluas 10 hektar.  

Lisma mengapresiasi hal ini jika terwujud, sebab Kab Karo menerima 100-200 ton sampah perhari, belum lagi sampah para petani, jadi dengan adanya bank sampah, Kabupaten Karo  akan menjadi Pilot Project.

“Dari beberapa kali pertemuan nanti biaya pembangunan bank sampah ini dari Provinsi Sumut, namun belum final tapi kita lihat nanti bagaimana perkembangannya,”katanya.(RT/RM/PR)


TAG : karo,daerah,ekonomi,teknologi,kesehatan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

Screenshot_20240221-212703_WhatsApp_compress3.jpg

Perkara Uang Saksi Caleg Belum Dilunasi, Abang Tikam Adik Kandung

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔21:41:51, 21 Feb 2024

RADARMEDAN.COM - Satuan Reserse Kiriminal Polrestabes Medan dan Polsek Sunggal membekuk seorang pria karena menikam adik kandungnya sendiri diduga hanya karena uang kekurangan sebagai saksi salah satu Calon Legislatif (Caleg) belum di bayarkan oleh korban. Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Dr. Teddy John Sahala Marbun, SH., M.Hum di . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240216-WA0190_compress70.jpg

Polda Sumut Tangkap 3 Pelaku Aniaya Wartawan Suruhan Bandar Narkoba

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔22:53:53, 16 Feb 2024

RADARMEDAN.COM -Tim Subdit III/Jatanras Direktorat (Dit) Reskrimum Polda Sumut berhasil meringkus tiga tersangka penganiayaan dan pembakaran mobil wartawan. Dari penyidikan polisi, tiga tersangka terindikasi menerima upah atau bayaran atas perbuatannya dari bandar narkoba. "Sementara ini kita dalami dari pemeriksaan lebih lanjut. Tapi, . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240215-WA0090_compress50.jpg

Beredar Video Polisi Bawa Kotak Suara Terombang-ambing di Laut Nias Selatan

🔖 DAERAH 👤Radar Medan 🕔17:58:31, 15 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, NIAS SELATAN - Sehari setelah pemungutan suara Pemilu 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nias Selatan melalui PPS desa mulai mengembalikan surat suara pasca Pencoblosan dan logistik lainnya untuk dikumpulkan di pulau Tello. Bripda Eben Zebua salah seorang Polisi yang bertugas di pulau terluar harus berjuang mengarungi . . .

Berita Selengkapnya
parli.jpg

Ini Penjelasan Ambang Batas Parlemen, Jika Tak Capai 4% Suara Tidak akan Peroleh Kursi di DPR

🔖 NASIONAL 👤Radar Medan 🕔11:36:06, 15 Feb 2024

RADARMEDAN.COM, JAKARTA - Sebanyak 18 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024, sedang berjuang memperoleh ambang batas parlemen (Parliamentary Threshold/PT). Perolehan ambang batas parlemen itu, sangat penting untuk parpol yang bertanding di Pemilu 2024. Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu) . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240214-WA0141_compress24.jpg

Kapolda Sumut, Gubsu dan Pangdam Tinjau TPS Pastikan Pemungutan Suara Aman

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔15:09:44, 14 Feb 2024

RADARMEDAN.COM -  Kapolda Sumut, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) 013 yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Kecamatan Medan Kota, Rabu (14/1). Bersama Pj Gubernur Sumut Hassanudin, Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI Mochamma