Dukung Terwujudnya Indonesia Emas 2045, Bobby Nasution Percepat Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Oleh : Radar Medan | 21 Mei 2024, 12:59:57 WIB | 👁 174 Lihat
Metropolitan
Dukung Terwujudnya Indonesia Emas 2045, Bobby Nasution Percepat Pembangunan Fisik dan Non Fisik

Keterangan Gambar : Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan Tahun 2025 – 2045, yang dibuka Pj Gubernur Sumut Hassanudin di Hotel Four Point Medan, Senin (20/5). 


RADARMEDAN.COM - Guna mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045, tentunya harus mengacu pada rencana pembangunan nasional yang bersifat jangka panjang yaitu negara berdaulat, maju, berkebudayaan, dan berkelanjutan. Oleh karenanya Wali Kota Medan Bobby Nasution terus melakukan percepatan pembangunan baik fisik maupun non fisik di Kota Medan untuk menyambut dan mendukung visi Indonesia Emas tersebut.

Hal ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution saat menghadiri pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Medan Tahun 2025 – 2045, yang dibuka Pj Gubernur Sumut Hassanudin di Hotel Four Point Medan, Senin (20/5). 

“Mungkin kita sama-sama mendengar mengenai Indonesia Emas tahun 2045. Kalau kita berandai sekitar 10 atau 20 tahun lalu, hal tersebut sulit untuk dicapai. Tidak akan terbayang kebutuhan akan internet yang semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari, kita akan berkomunikasi secara virtual tanpa tatap muka langsung,” kata Bobby Nasution.

Jika nanti Indonesia Emas 2045 terwujud,  kata Bobby Nasution, maka seluruh industri akan bergerak. Kalau hari ini orang Indonesia nonton tengah malam demi menyaksikan sepakbola internasional dengan pemain terkenalnya, ungkapnya, justru akan terjadi sebaliknya apabila Indonesia Emas terwujud.

“Justru orang luar nanti yang akan bangun tengah malam untuk menyaksikan pertandingan sepakbola di Indonesia, khususnya Kota Medan jika Indonesia Emas terwujud. Mereka akan menonton pertandingan sepak bola di Stadion Teladan melalui televisi. Mudah-mudahan Stadion Teladan ini nantinya dapat menyumbang salah satunya sektor di sendi kehidupan guna mencapai Indonesia Emas,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaan Musrenbang RPJPD yang turut dihadiri Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu, unsur Forkopimda Kota Medan, Pj Ketua DWP Isabella Pencawan Topan OP Ginting, stakeholder terkait, pimpinan perangkat daerah serta camat se Kota Medan, Bobby Nasution berharap Pemko Medan bersama dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat dapat bersama-sama menjadi bagian mewujudkan suksesnya Indonesia Emas 2045 melalui sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki.

“Untuk menjadikan SDM yang berkualitas tentunya kita harus bersama-sama mengatasi persoalan narkoba yang masih menghantui Sumut, khususnya Kota Medan. Ini PR kita bersama untuk memastikan SDM unggul dan terbebas dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya.

Di kesempatan tersebut, menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya meminta dukungan dari Pj Gubernur Sumut terkait akan diterapkannya kebijakan parkir berlangganan bagi masyarakat Kota Medan. Penerapan ini, jelasnya, menyusul rendahnya pendapatan asli daerah (PAD) Pemko Medan dari retribusi parkir.

"PAD kami untuk parkir punya potensi yang cukup besar. Dari hitungan yang terakhir dilakukan, retribusi parkir bisa mencapai lebih dari Rp.167 miliar. Tapi, potensi retribusi parkir yang bisa kami ambil hari ini baru Rp.20 miliar saja. Kemarin saya sudah konsultasi dengan Pak Gubernur, kami coba terapkan parkir berlangganan. Kebijakan ini masih kami kaji,” paparnya.

Sementara itu Pj Gubernur Sumut Hassanudin dalam sambutannya mengatakan, dalam membuat RPJPD, Pemerintah harus meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas dan mewujudkan reformasi birokrasi inovatif. Disamping itu, imbuhnya, juga perlu memperhatikan prioritas program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat Kota Medan seperti sarana dan prasarana pendidikan dan kesehatan, sanitasi, persampahan, air bersih, transportasi publik, ruang terbuka hijau serta rasa aman dan nyaman masyarakatnya.

Hassanudin berharap, Kota Medan dapat menjadi kota yang maju, smart, berkelas dunia dan berkelanjutan. “Saya tentunya berharap Kota Medan dapat menjadi pusat keunggulan industri pengolahan hasil pertanian, menjadi destinasi pariwisata kelas dunia, pusat keunggulan pendidikan dan kesehatan. Menjadi pusat industri halal terbesar di bagian barat Indonesia serta produk-produk Kota Medan unggul dan berdaya saing global,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Bappeda, Benny Iskandar dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan Musrenbang ini merupakan salah satu rangkaian penyusunan RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045. Dijelaskannya, pelaksanaan Musrenbang dilakukan guna menyepakati penajaman visi dan misi jangka panjang daerah, penyelarasan sasaran pokok dan arah kebijakan pembangunan jangka panjang daerah untuk mencapai visi dan misi daerah serta penajaman sasaran pokok pembangunan jangka panjang daerah.

“Kemudian, klarifikasi dan penajaman tahapan dan prioritas pembangunan jangka panjang daerah, komitmen bersama antara pemangku kepentingan untuk mempedomani RPJPD dalam melaksanakan pembangunan daerah serta masukan dan saran penyempurnaan dokumen Rancangan RPJPD Kota Medan tahun 2025-2045,” papar Benny./PE


TAG : sumut,metropolitan,medan


Komentar Facebook

Tuliskan Komentar dengan account Facebook

Kembali Ke halaman Utama

Berita Lainnya:

IMG-20240614-WA0101_compress58.jpg

Bareskrim Polri Ungkap Laboratorium Ekstasi Clandestine di Medan Area

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔12:51:34, 14 Jun 2024

RADARMEDAN.COM  - Dalam menindak tegas jaringan peredaran narkoba, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri dan didukung oleh Polda Sumut serta Bea dan Cukai berhasil mengungkap laboratorium ekstasi clandestine. Operasi ini, dilaksanakan pada Selasa, 11 Juni 2024, berakhir dengan pembongkaran fasilitas pembuatan obat terlarang . . .

Berita Selengkapnya
pulungan.jpg

Pulungan: Kritik Elemen Masyarakat Terhadap Pj Walikota Pekanbaru Dinilai Terlalu Dini

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔05:44:56, 13 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, PEKANBARU - Tokoh masyarakat Pekanbaru, Pulungan menyayangkan sikap beberapa elemen masyarakat yang memberikan statmen atau kritik terlalu dini terhadap Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa. Dimana Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, bahkan dikaitkan dengan tingginya angka pengangguran dan beberapa . . .

Berita Selengkapnya
teks.jpg

Ini Videonya, Bank Sumut Dimarahi Ketua Komisi C Gegara Bertele-tele Saat RDP dengan Nasabah

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔04:10:40, 08 Jun 2024

RADARMEDAN.COM, Usai dilaporkan Pengacara Poltak Silitonga SH, MH dan Rekan ke DPRD Sumut, Komisi C mengundang kedua belah pihak untuk mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP), bersama sejumlah pejabat Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Rabu, 5/6/2024. RDP yang dihadiri sejumlah anggota Komisi C yang diketuai dr. Poradda . . .

Berita Selengkapnya
poranda.jpg

Kasus Jaminan Nasabah Bank Sumut, Poltak Silitonga Minta DPRD Usulkan Copot Pejabat Tidak Becus

🔖 POLITIK 👤Radar Medan 🕔10:54:28, 06 Jun 2024

RADARMEDAN.COM - Kasus jaminan debitur Bank Sumut atas nama Tianas Situmorang terus berlanjut. Kali ini usai menyurati DPRD Sumut, Pengacara Tianas Situmorang, Poltak Silitonga, SH. MH didampingi Judith Desy Manalu, SH  diundang dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Sumatera Utara, Rabu, 5/6/2024 sore. RDP yang . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240531-WA0205_compress9.jpg

Lantik 129 Pejabat Pemko Medan, Bobby Nasution : Jalankan Amanah, Gerak Cepat Layani Masyarakat

🔖 BERITA KOTA 👤Radar Medan 🕔23:32:54, 31 Mei 2024

RADARMEDAN.COM -  Wali Kota Medan Bobby Nasution melantik dan mengambil sumpah janji sebanyak 129 pejabat Manajerial dan Fungsional Pemko Medan di Balai Kota Medan, Jumat (31/5). Selain menjalankan amanah dan tugas yang diberikan dengan sebaik-baiknya, para pejabat yang baru dilantik juga harus bergerak lebih cepat untuk melayani . . .

Berita Selengkapnya
obaja.jpg

Terima Pajak 107 Milyar, Pemko Medan Tangguhkan Pembongkaran dan Cabut Penyegelan Mall Centre Point

🔖 EKONOMI 👤Radar Medan 🕔18:58:45, 30 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Mall Centre Point telah menyetorkan sebagian kewajiban pajaknya ke Pemko Medan sebesar Rp 107 Milyar lebih dari total tunggakan pajak sebelumnya sebesar Rp 250 Milyar lebih. Melihat itikad baik tersebut, Pemko Medan pun menangguhkan pembongkaran serta mencabut sementara segel Mall Centre Point agar dapat kembali beroperasi. Hal . . .

Berita Selengkapnya
poltak1.jpg

Diperiksa 5 Jam, Pelapor Bank Sumut Berharap Polisi Bekerja Profesional

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔16:55:19, 29 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tianas Situmorang, didampingi penasehat hukumnya Poltak Silitonga, SH memenuhi panggilan Dirikrimum Polda Sumatera Utara yang akan diperiksa selaku pelapor, Selasa 29/5/2024 sore. Tianas Situmorang (66) hadir di Mapolda Sumut sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Poltak mendampingi Tianas pasca membuat . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240515-WA0134_compress67.jpg

Tunggak Pajak 250 Miliar Lebih Sejak Berdiri, Bobby Nasution Segel Mall Centre Point

🔖 METROPOLITAN 👤Radar Medan 🕔18:38:46, 15 Mei 2024

RADARMEDAN.COM - Tindakan tegas dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution terhadap Mall Centre Point di Jalan Jawa, Medan, Rabu (15/5). Orang nomor satu di Pemko Medan ini menyegel mall yang dilengkapi dengan department store, retailer fashion, restoran kasual & area hiburan anak-anak tersebut. Penyegelan dilakukan karena pihak Mall . . .

Berita Selengkapnya
sorbatua.jpg

Kasus Lahan Adat dan TPL, Sorbatua Siallagan Tiba Dirumah, Penahanan Ditangguhkan

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔09:49:38, 18 Apr 2024

RADARMEDAN.COM, SIMALUNGUN - Masyarakat adat Ompu Umbak Siallagan di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, merasa sangat gembira,  pasalnya orang tua  mereka, Sorbatua Siallagan (65) yang ditangkap polisi sekira sebulan lalu ditangguhkan penahannya, dan kini sudah berada dirumah, Kamis 18 April 2024 BACA JUGA : Ricuh . . .

Berita Selengkapnya
IMG-20240321-WA0144_compress98.jpg

Rumah dan Mobil Wartawan di Labuhanbatu Dibakar OTK

🔖 HUKUM DAN KRIMINAL 👤Radar Medan 🕔18:21:31, 21 Mar 2024

RADARMEDAN.COM. LABUHANBATU - Rumah dan mobil seorang wartawan di Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara beserta isinya hangus terbakar yang berlokasi di Lingkungan Talak Simin, Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kamis (21/3/2024) Sekira pukul 14.00 WIB. Menurut korban bernama Junaidi Marpaung, peristiwa itu diduga . . .

Berita Selengkapnya

Berita Terbaik

Berita Utama

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Youtube dan dapatkan informasi terbaru dari kami.

Jejak Pendapat

Anda Suka Smartphone Samsung atau OPPO?
  Samsung
  Oppo