SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Didatangi Kejari, Gelar Sosialisasi Hukum

Oleh : Radar Medan | 23 Feb 2024, 20:44:24 WIB | 👁 152 Lihat
Daerah
SMA Negeri 3 Padangsidimpuan Didatangi Kejari, Gelar Sosialisasi Hukum

RADARMEDAN.COM,PADANGSIDIMPUAN-SMAN 3 Padangsidimpuan kedatangan tim dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Padangsidimpuan yang menggelar sosialisasi hukum dengan tema "Kenali Hukum, Jauhi Hukuman". Kegiatan Jaksa masuk sekolah ini diikuti oleh seluruh siswa - siswi, jum'at (23/2/2024).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasi Intel Yunius Zega, S.H., M.H, Kasi Pengelola Barang Bukti & Barang Rampasan Elan Jaelani, S.H., M.H. 
Kasubbag Pembinaan Arga J.P. Hutagalung, S.H., M.H, Kadis Kominfo Nurcahyo B Susetyo dan Camat Padangsidimpuan Selatan Ahmad Toib Simanjuntak.

Kasi Intel Kejari Padangsidimpuan Yunius Zega pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Jaksa merupakan orang yang bertugas untuk melakukan dakwaan terhadap tersangka yang terbukti melakukan pelanggaran hukum.

Kemudian, Jaksa Penuntut Umum (JPU) adalah pejabat atau pegawai negeri yang bertanggung jawab untuk mengajukan tuntutan pidana dan mewakili pihak publik dalam persidangan di pengadilan. Tugas utama Jaksa Penuntut Umum adalah menyelidiki, menuntut, dan mengawasi kasus-kasus pidana untuk mencapai keadilan dan menegakkan hukum, tambahnya.

Selanjutnya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provsu Wilayah XI Drs. Oloan Nasution mengingatkan kepada seluruh siswa - siswi agar jujur dan disiplin, karena menurutnya itu salah satu kunci menuju sukses.

Pada kegiatan jaksa masuk sekolah ini juga dibagikan hadiah kepada siswa - siswi yang dapat menjawab pertanyaan dari Kasi Intel, Kasi Pengelolaan Barang Bukti, Kasubbag Pembinaan, Kadis Kominfo dan Camat Padangsidimpuan Selatan.

Usai kegiatan tersebut , Kepala Sekolah, Drs. Kardan Nasution menyatakan dukungannya terhadap kegiatan ini.

"Kami harapkan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran siswa untuk menaati hukum yang berlaku," kata Kardan.

Harus diingat bahwa hukum dikenali untuk ditaati. Untuk bisa dijauhkan dari hukuman karena melanggar hukum, kita semua harus taat kepada hukum dan mencegah dari segala perbuatan yang melanggar hukum.(pardosi)/pe


TAG : tabagsel-tapsel-padangsidimpuan-padanglawas-utara-padanglawas-mandailing-natal